Dispendukcapil Kota Semarang Masih Kekurangan Blangko E-KTP

Sejumlah warga Kota Semarang menyayangkan keterlambatan maupun panjangnya antrean pembuatan Elektronik KTP (E-KTP) dalam beberapa waktu terakhir.

Dispendukcapil Kota Semarang Masih Kekurangan Blangko E-KTP
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi: e-KTP yang sudah dicetak 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejumlah warga Kota Semarang menyayangkan keterlambatan maupun panjangnya antrean pembuatan Elektronik KTP (E-KTP) dalam beberapa waktu terakhir.

Ahmad Suhandi (24) mengatakan, dirinya mengeluhkan lamanya waktu percetakan e-KTP yang ia ajukan sejak beberapa bulan terakhir.

Padahal, menurutnya, ia sudah pernah dijanjikan e-KTPnya jadi pada pertengahan bulan Agustus.

Ia berharap kekurangan blangko sebagaimana yang disampaikan pihak kecamatan kepadanya segera teratasi guna memberikan pelayanan maksimal atas hak warga dalam pembuatan e-KTP.

"Kemarin saya datang ke kecamatan untuk nagih e-KTP tapi nihil. Katanya blangko habis. Terus kalau sudah kaya gini siapa yang bertanggung jawab hanya dikasih surat keterangan (suket) pengganti sementara e-KTP buat ngurus-ngurus lain-lain," katanya, Jumat (23/8/2019).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Disdukcapil Kota Semarang, Adi Tri Hananto menuturkan, terhambatnya pelayanan pengurusan e-KTP tiak lain karena keterbatasan blangko yang tersedia.

Adapun blangko yang disediakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang tidak dapat memenuhi permintaan pelayanan dari masyarakat.

Menurutnya, kekurangan blangko tersebut tidak hanya terjadi di Kota Semarang saja namun hampir di seluruh Indonesia pasca Pilpres bulan April lalu.

"Pihak Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setiap bulannya hanya mengirim 2.000 blanko saja.

Padahal kebutuhan di Semarang berkali lipat lebih banyak dari yang terkirim.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved