Ngopi Pagi

Fokus : Kearifan Papua

Pelajar asal Papua yang berada di Kabupaten Pekalongan ini menyayangkan insiden di Surabaya dan Papua

Fokus : Kearifan Papua
tribunjateng/bram
Sujarwo atau Pak Jarwo wartawan Tribun Jateng 

Oleh Sujarwo

Wartawan Tribun Jateng

Immanuel R Awendu (17) tulus bertutur menyoal insiden di tanah kelahirannya. Pelajar asal Papua yang berada di Kabupaten Pekalongan ini menyayangkan insiden di Surabaya dan Papua. Ia meminta Insiden itu jangan dibesar-besarkan dan saling memaafkan.

"Selama ini pelajar asal Papua dan Jawa hidup berdampingan di wilayah Bojong. Mereka saling rukun, bahkan kerap tolong menolong. Kami pelajar asal Papua mencintai NKRI," kata Immanuel saat ditemui Tribun Jateng di Sekolah SMA Negeri 1 Bojong, Selasa, (20/8/2019).

"Ada 10 pelajar yang bersekolah di SMAN 1 Bojong. Saya berpesan kepada orangtuanya tidak perlu khawatir dengan keadaannya di Kabupaten Pekalongan karena keadaannya disini aman dan nyaman.

Saya sudah tiga tahun belajar disini tidak ada kejadian apapun, masyarakat disini sangat baik. Yang terpenting jangan percaya dengan hoax," ungkap Awendu.

Demonstrasi di Tanah Papua terjadi setelah masyarakat setempat memprotes persekusi terhadap sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, terkait insiden perusakan bendera Merah Putih.

Selain itu, ada insiden rasisme terhadap mahasiswa asal Papua yang memicu terjadinya demonstrasi. Demonstrasi juga dipicu karena massa terprovokasi konten negatif berupa hoaks terkait penangkapan mahasiswa Papua di Surabaya tersebut.

Awendu, tentu saja juga warga Papua umumnya, tak ingin disebut sebagai warga yang pemarah, bikin onar. Mareka seperti khas warga negeri ini yang dikenal ramah dan mengedepanjan kerukunan dalam pergaulan sehari-hari. Aksi-aksi yang bermula terprovokasi video hoax itu bukan khas aarga Papua.

Ada peribahasa, Tak kenal maka tak sayang. Maknanya, sifat perangai seseorang tidak dapat diketahui pasti jika belum mengenalnya secara dekat. Peribahasa ini layak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved