Riset Lembaga Demografi UI: Hidup Mitra Gojek Lebih Baik Karena Semakin Bahagia

Menurut penelitian Lembaga Demografi Universitas Indonesia, kontribusi Gojek terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2018 mencapai Rp 55 triliun

Riset Lembaga Demografi UI: Hidup Mitra Gojek Lebih Baik Karena Semakin Bahagia
TRIBUNNEWS
Ilustrasi Gojek 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Bagus Takwin, memaparkan mitra Gojek mampu memaknai pekerjaan mereka lebih dari sekadar menghasilkan uang untuk memenuhi kepentingan sendiri.

Keadaan mitra Gojek yang bahagia, kata Bagus, bisa membuat mereka tetap semangat memperbaiki hidup.

Jadi bisa naik tangga kelas ekonomi dan sosial.

“Kebahagiaan (wellbeing) menjadi optimal dengan adanya rancangan kemitraan Gojek, yang memungkinkan mitra memiliki kebebasan terhadap target dan waktu kerja mereka,” ujar Bagus dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/8/2019).

“Mereka melihat hidup menjadi lebih bermakna karena dengan menjadi mitra Gojek, mereka bisa membantu banyak orang dan menebarkan kebaikan. Dalam konteks industri digital yang menganut sistem kemitraan seperti Gojek,” tambahnya.

Hasil riset yang dilakukan LD FEB UI memang menyatakan hal tersebut.

Menurut penelitian Lembaga Demografi Universitas Indonesia, kontribusi Gojek terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2018 mencapai Rp 55 triliun, dihitung dengan menggunakan asumsi 100% mitra aktif.

Sebelumnya, LD FEB UI menghitung dampak ekonomi Gojek adalah Rp 44,2 triliun dengan menggunakan metode yang lebih konservatif, yaitu 75% mitra aktif.

Selain mendapatkan tambahan pendapatan dari Gojek yang rata-rata berada di atas UMK, mitra Gojek juga merasa cukup puas dan bahagia dengan hidupnya yang menjadi lebih baik setelah mereka bergabung dengan Gojek.

Tingkat kepuasan ini diukur dengan instrumen The Satisfaction with Life Scale (SWL) dari Pavot dan Diener, yang menemukan bahwa skor rata-rata kebahagiaan mitra mencapai 24,3 dari skala maksimal 35.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved