Pengelola Pagoda Watugong Ingin Ada Paket City Tour Untuk Penumpang Kapal Pesiar

Kepala BPS Jateng, Sentot Bangun Widoyono menyebut secara riil kenaikan wisman terdata dari 1002 orang ke 1968 orang di Bulan Juni

Pengelola Pagoda Watugong Ingin Ada Paket City Tour Untuk Penumpang Kapal Pesiar
Tribunjateng.com/Rival Al-Manaf
Wistawan mengunjungi Pagoda Avalokitesvara pada hari Minggu (25/08/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Pusat Statistik Jateng mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi ini meningkat pesat 96 persen dari dari bulan Mei ke bulan Juni 2019.

Bukan hanya wisman asing, wisman lokal juga diprediksi memadati beberapa destinasi di Jateng. Peningkatan itu dipandang sebagai titik balik meningkatnya industri pariwisata.

Kepala BPS Jateng, Sentot Bangun Widoyono menyebut secara riil kenaikan wisman terdata dari 1002 orang ke 1968 orang di Bulan Juni.

"Meski demikian, itu data yang dihimpun dari pintu masuk di bandara internasional di Jateng. Wisatawan dari kapal pesiar belum kami kalkulasi," terang Sentot beberapa waktu lalu.

Dari data itu, ia melihat yang paling banyak datang adalah wisatawan daru Malaysia, disusul oleh Singapura dan kemudian Tiongkok diperingkat kedua.

Data itu diamini oleh pegiat pariwisata, Halim Wijaya.

Pengelola destinasi Pagoda Avalokitesvara Watugong itu menyebut bulan Juni memang menjadi puncak keramaian kunjungan wisatawan.

"Satu bulan itu kami catat ada 10 ribu orang yang berkunjung ke tempat kami.

Namun memang untuk wisatawan asing jumlahnya hanya sekitar 10 persennya saja," terang Halim saat ditemui Tribun Jateng, Minggu (25/8/2019).

Ia berangan untuk bisa mengangkat kunjungan wisman asing menurutnya akan lebih optimal jika bisa menggandeng kapal pesiar yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Emas.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved