Cerita 5 Negara Pindah ke Ibukota Baru, Tak Semua Sukses, Ada yang Jadi Kota Hantu

Dari negara tetangga di ASEAN, bisa menilik Malaysia yang memindahkan pusat pemerintahan dari Kualalumpur ke Putrajaya

Cerita 5 Negara Pindah ke Ibukota Baru, Tak Semua Sukses, Ada yang Jadi Kota Hantu
dok kemenpupr
Pemerintah RI telah menentukan lokasi untuk ibukota baru Indonesia, untuk menggantikan DKI Jakarta yaitu berada di Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNJATENG.COM - Ada beberapa negara di dunia ini melakukan pemindahan ibukota negara ke lokasi yang baru.

Dari negara tetangga di ASEAN, bisa menilik Malaysia yang memindahkan pusat pemerintahan dari Kualalumpur ke Putrajaya.

Kota yang dirancang khusus itu menjadi pusat pemerintahan federal Malaysia, tetapi Kuala Lumpur tetap sebagai ibu kota resmi dan kediaman raja.

Lalu Astana (Nur-Sultan) ibu kota Kazakhstan (1997). Diambil dari bahasa setempat yang artinya "ibu kota", Astana dibangun 1997 oleh penguasa saat itu, Presiden Nursultan Nazarbayev.

Astana dengan cepat berkembang menjadi salah satu kota modern di Asia Tengah - yang dihiasai dengan gedung-gedung baru yang mewah.

Contoh lain adalah Islamabad, Pakistan (1967). Ibu kota Pakistan juga dibangun sebagai upaya untuk mengintegrasikan negara itu.

Karachi awalnya pusat pemerintahan sejak terbentuk Pakistan, pada Agustus 1947, setelah memisahkan diri dari India. Namun ibu kota ini dianggap kekurangan air dan dikelilingi padang pasir.

Banyak lagi contoh, ada Quezon City, Filipina (1948), Brasilia, Brasil (1960), Canberra, Australia (1927), New Delhi, India (1911), dan lainnya.

Hanya saja, tak semua perpindahan ibu kota negara ke lokasi baru tersebut sejalan dengan harapan dan mimpi-mimpi dari tokoh pencetusnya.

Nah, Indonesia lewat Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan ibu kota baru yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Halaman
1234
Editor: muslimah
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved