50 Anggota DPRD Kabupaten Tegal 2019-2024 Diambil Sumpah

Karena kedua partai itu merupakan partai pemenang pada pemilu legislatif 2019. Kursi terbanyak pertama adalah PKB. Sedangkan kedua PDIP

50 Anggota DPRD Kabupaten Tegal 2019-2024 Diambil Sumpah
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
50 Anggota DPRD Kabupaten Tegal saat diambil sumpahnya oleh Ketua PN Slawi, Srutopo. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak 50 Anggota DPRD Kabupaten Tegal masa jabatan 2019-2024 diambil sumpah dan janji, Rabu pagi (28/8/2019) ini di Gedung DPRD Kabupaten Tegal.

Pengucapan sumpah dan janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Slawi, Srutopo.

Acara ini dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Tegal, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Tegal, Pengurus Partai Politik, Komisioner KPU dan Bawaslu, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta sejumlah undangan.

"Dalam acara ini, kami menyebar undangan sekitar 2000 lembar," kata Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal, Susiana Hartiningrum kepada Tribunjateng.com, Rabu (28/8/2019).

Menurut Susi, setelah anggota dewan terpilih diresmikan, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Pimpinan DPRD.

Namun, diakuinya pelantikan tersebut belum ada jadwalnya.

Pihaknya mengaku saat ini baru akan mengusulkan nama-nama yang akan menduduki Pimpinan DPRD ke Gubernur Jawa Tengah.

"Kalau pimpinan sementara, nanti dari PKB dan PDIP. Karena kedua partai itu merupakan partai pemenang pada pemilu legislatif 2019. Kursi terbanyak pertama adalah PKB. Sedangkan kedua PDIP," terangnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tegal masa jabatan 2014-2019, A Firdaus Assyairozi membenarkan jika pelantikan Pimpinan DPRD menunggu rekomendasi dari masing-masing partai politik.

"Adapun, partai politik yang berhasil meraih kursi pimpinan DPRD yakni, PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan Golkar. Nanti Ketua DPRD nya dari PKB," imbuhnya.

Seperti diketahui, PKB merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak di Pileg DPRD Kabupaten Tegal 2019 lalu yakni 14 kursi.

Kemudian disusul PDIP dengan 12 kursi, Gerindra 7 kursi, Golkar 6 kursi, PPP 3 kursi, PKS 2 kursi, Demokrat 2 kursi, Hanura 1 kursi, Perindo 1 kursi, dan PAN 1 kursi.

Dalam agenda pengambilan sumpah ini, Noviatul Faroh dari PKB ditunjuk menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tegal Sementara.

Kemudian, Rustoyo dari PDIP menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sementara. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved