Kisah Teguh Anak Berkebutuhan Khusus yang Kreatif Bikin Keset dari Kain Perca

Di ruang kamar berukuran 3x3, Seorang pemuda berkebutuhan khusus Rudi Hartono (30) terlihat sibuk mengerjakan keset, Rabu (28/8).

Kisah Teguh Anak Berkebutuhan Khusus yang Kreatif Bikin Keset dari Kain Perca
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Rudi Hartanto alias Teguh anak berkebutuhan khusus sedang membuat keset berbahan dasar kain perca di rumahnya Taman Condrokusumo RT06/RW03 Bongsari, Kota Semarang, Rabu (28/8). Dalam sehari Rudi bisa membuat 2 sampai 3 keset akan tetapi terkendala untuk penjualan. Harga keset di tawarkan mulai dari Rp 10 rb sampai Rp 15 rb. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di ruang kamar berukuran 3x3, Seorang pemuda berkebutuhan khusus Rudi Hartono (30) terlihat sibuk mengerjakan keset, Rabu (28/8).

Ketrampilan tersebut diperolehnya usai menjalani pendidikan selama sembilan tahun di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kartini, Temanggung.

Di sekeliling tempat kerjanya, tumpukan kain perca yang merupakan bahan baku utama pembuat keset menumpuk.

Bermodal alat modifikasi dari kayu dan besi panjang milik orang tuanya untuk membantu proses penganyaman, Teguh terampil membuat keset kain perca.

Terhitung sudah tiga tahun ini, tepatnya sejak lulus sekolah pemuda yang di lingkungan rumah akrab disapa Teguh tersebut memproduksi keset kain perca untuk dijual.

Selama ini proses pemasaran diserahkan kepada kedua orang tuanya.

Namun sayangnya ayah dan ibu Teguh yang sudah berusia lanjut merasa kesulitan mencari konsumen. Sehingga cukup banyak yang hanya terhenti dan menumpuk di rumah.

Anak bungsu putra ketiga pasangan Waginah dan Suramin tersebut sempat "mutung" dan tidak ingin lagi memproduksi keset karena selama ini hasil karyanya tidak pernah ada yang laku.

Padahal harga yang ditawarkan untuk satu keset relatif murah hanya Rp10 ribu-15 ribu tergantung ukuran.

Dalam sehari Teguh hanya bisa memproduksi satu keset karena penyakit gangguan mental yang dialaminya sejak kecil membuatnya tak bisa terus fokus.

Halaman
12
Penulis: hermawan Endra
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved