Kadinkes Boyolali : Kami akan Bentuk Kampung Germas

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng mengajak Kelompok Peduli Boyolali memviralkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kadinkes Boyolali : Kami akan Bentuk Kampung Germas
Tribunjateng.com/Daniel Ari Purnomo
Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Ratri (jilbab merah) saat diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Hotel Assalam Syariah, Pabelan, Sukoharjo, Kamis (29/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng mengajak Kelompok Peduli Boyolali memviralkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Rita Utrajani menyampaikan Germas sudah diinisiasi sejak tahun 2017.

"Kami membuat locus sesuai kabupaten kota untuk mempermudah pengawasan sekaligus sosialisasi.

Tahun 2019 ini kami sudah memiliki 8 kabupaten locus, salah satunya adalah Boyolali," ujarnya sela Diskusi Germas di Hotel Assalam Syariah, Pabelan, Sukoharjo, Kamis (29/8/2019).

Dalam diskusi itu, Dinkes Jateng mengundang 7 kelompok peduli asal Boyolali, atau sekitar 260 orang yang untuk mendiskusikan program kesehatan tahun 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina mengatakan masih banyak warga setempat belum sadar Germas.

"Buktinya masih tingginya indikator kesakitan masyarakat. Kita harus mem-booming-kan Germas," katanya.

Ratri mendambakan program Germas nantinya bisa menurunkan indikator kesakitan warga.

Menurutnya, pemerintah membutuhkan bantuan masyarakat melalui kelompok peduli untuk menerapkan program Germas, khususnya di wilayah pelosok yang tidak terjangkau.

"Sehingga nantinya rumah sakit dan puskesmas bisa sepi, karena jumlah warga yang sakit berkurang. Ini juga berdampak BPJS kita tidak defisit, karena banyak warga sehat membantu yang sakit," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved