Pria Asal Swedia Ngaku Kehilangan Dana 800 T di Mandiri, Ternyata Hoaks, Ini Sosok dan Kronologinya

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk angkat bicara soal isu penggugatan dana pihak ketiga (DPK) oleh warga Swedia

Pria Asal Swedia Ngaku Kehilangan Dana 800 T di Mandiri, Ternyata Hoaks, Ini Sosok dan Kronologinya
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi - Penukaran uang dolar ke rupiah. Editor: Mohamad Yoenus 

TRIBUNWOW.COM - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk angkat bicara soal isu penggugatan dana pihak ketiga (DPK) oleh warga Swedia.

Pihak Mandiri menyatakan isu tersebut hoaks alias kabar bohong.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas memaparkan bukti-bukti terkait informasi sesat adanya transfer dana € 50 miliar atau setara dengan Rp 800 triliun.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Bak Mandiri untuk mendukung pemerintah memerangi hoaks. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas saat menjelaskan kronologi dan mengkonfirmasi pemberitaan hoax soal dana nasabah Rp 800 triliun di Jakarta, Jumat (30/8/2019).
Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas saat menjelaskan kronologi dan mengkonfirmasi pemberitaan hoax soal dana nasabah Rp 800 triliun di Jakarta, Jumat (30/8/2019). (KOMPAS.COM/FIKA NURUL ULYA)

Rohan mengatakan, Bank Mandiri akan berkoordinasi juga dengan pihak imigrasi tentang status kewarganegaraan Michael Olsson.

Pasalnya, Olsson yang merupakan warga negara asing, telah melakukan penghasutan publik dengan berita bohong yang dapat berpotensi merongrong ekonomi negara karena meresahkan masyarakat. 

"Informasi hoaks tersebut sangat berbahaya dan dapat menimbulkan keresahan apalagi dilakukan oleh warga negara asing," kata Rohan Hafas di Plaza Mandiri Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Rohan memaparkan, pada 1 April 2019, Olsson mendatangi Bank Mandiri cabang Cempaka Mas untuk menanyakan transfer dana sebesar setara Rp 800 triliun.

Kemudian, pada 2 April 2019 yang lalu, ia mengirimkan email ke Bank Mandiri cabang Cempaka Mas serta surat ke kantor pusat Bank Mandiri di tanggal 18 April, yang keduanya menanyakan hal yang sama.

Selanjutnya, pada 24 April 2019, Bank Mandiri mengirimkan surat penjelasan kepada Olsson bahwa tidak pernah ada transfer sebesar Rp 800 triliun ke rekening Olsson. 

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved