Produk Asli Semarang Sambal Tok Dilirik Buyer Asal Inggris

Siapa yang tidak kaget, produk asli Semarang yang berfokus memproduksi Sambal bisa sampai go Internasional dan dilirik oleh buyer asal Inggris

Produk Asli Semarang Sambal Tok Dilirik Buyer Asal Inggris
Tribunjateng.com/Desta Leila Kartika
Owner Sambal Tok, Sulistyarini, saat memperkenalkan produknya di Kantor Kadin Semarang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Siapa yang tidak kaget, produk asli Semarang yang berfokus memproduksi Sambal bisa sampai go Internasional dan dilirik oleh buyer asal Inggris.

Hal inilah yang pertama kali dirasakan oleh Owner Sambal Tok, Sulistyarini, saat mengetahui produk sambal nya diminati oleh orang Luar Negeri.

Sebelum memulai usaha sambal Tok, perempuan yang kerap disapa Rini, mengaku hanya menjadi ibu rumah tangga biasa, dan alasan kenapa memilih usaha sambal karena pada saat itu Ia berfikir ingin membuat usaha tapi yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Setelah bertanya ke beberapa orang, pada akhirnya Rini mendapatkan jawaban yaitu membuat usaha sambal yang praktis.

Menjalankan usaha selama tiga tahun, Sambal Tok pemasaran sudah masuk di 10 toko oleh-oleh, Ada Swalayan, Transmart, Aneka Jaya, dan Sarinah Banyumanik.

"Awalnya saya tidak menyangka sekaligus kaget karena mendapat orderan dari Inggris, karena baru pertama kali bergabung dengan Market Place Eximbank dan langsung mendapat buyer dari Inggris," tutur Sulistyarini, pada Tribunjateng.com, belum lama ini.

Beralamat di Jl. Bukit Anyelir 4 no.302, Sendangmulyo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dalam hal produksi, Rini mengaku masih dibantu oleh saudara. Seperti keponakan yang baru lulus SMA atau ibu rumah tangga.

Harapannya tentu kedepan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga di sekitar dengan sekala yang lebih besar dan luas.

"Inspirasi saya memberi brand "Tok" adalah dari nama suami saya yang bernama Totok. Selain itu, menurut saya kata "Tok" juga cukup familiar khususnya bagi warga Semarang, sehingga menurut saya sangat pas," ungkapnya.

Halaman
12
Tags
sambal
UMKM
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved