Ngopi Pagi

Fokus : Orang Baik Lebih Banyak

Tugas panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi hampir paripurna.

Fokus : Orang Baik Lebih Banyak
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
GALIH Pujo Asmoro wartawan Tribun Jateng

Oleh Galih Pujo Asmoro

Wartawan Tribun Jateng

Tugas panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi hampir paripurna. Sebanyak 20 calon pimpinan KPK dinyatakan lulus tes profile assessment dan telah melalui uji publik.

Mereka terdiri dari berbagai profesi. Mulai dari akademisi, anggota Polri, komisioner/pegawai KPK, auditor. PNS, jaksa, hakim dan lain sebagainya.

Masing-masing adalah Luthfi Jayadi, Neneg Euis Fatimah dan Nurul Ghufron yang merupakan akademisi. Kemudian Antam Novambar, Bambang Sri Herwanto, Firli Bauri dan Sri Handayani adalah anggota Polri.

Lalu komisioner KPK Alexander Mawarta serta pegawai KPK Sujanarko. Kemudian I Nyiman Wara yang merupakan auditor disusul Roby Arya seoarang PNS Seskab dan PNS Kemenkeu, Sigit Danang Joyo.

Selain itu jaksa yang dinyatakan lolos yakni Johanes Tanak, Sugeng Purnomo, Supardi serta Lili Pintauli Siregar yang berprofesi sebagai advokat dan hakim Nawawi Pamolango.

Nama lain adalah Jasman Panjaitan, Jimmy Muhammad Rifai dan terakhir Cahyo RE Wibowo. Nama-nama itu kemudian bakal disaring jadi 10 dan diserahkan ke Presiden Joko Widodo, Senin (2/9) lusa.

Hanya saja, menurut Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih mengatakan jika 10 nama capim terpilih tidak akan diumumkan ke publik. Namun demikian, kata Yenti, jika presiden meminta mengumumkan 10 nama tersebut,

Pansel akan melakukannya. "Kalau Presiden meminta untuk diumumkan, baru kita bacakan. Jadi ini betul-betul kewenangan Presiden. Namun begitu sampai di DPR juga pasti diumumkan, di DPR langsung nampak," kata Yenti.

Halaman
12
Penulis: galih pujo asmoro
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved