Cegah Kanker Serviks, Anggota Bhayangkari Polres Salatiga Ikuti Pemeriksaan IVA Sadanis

Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 Bhayangkari Polres Salatiga menggelar bakti sosial.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua Bhayangkari Polres Salatiga Ratna Gatot Hendro Hartono meninjau proses pemeriksaan Iva dan kanker payudara Sadanis, di Poliklinik Polres Salatiga, Sabtu (31/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 Bhayangkari Polres Salatiga menggelar bakti sosial.

Yakni melalui program pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) dan deteksi kanker payudara klinis (Sadanis), baik untuk anggota Bhayangkari atau masyarakat umum di Poliklinik Polres Salatiga, Sabtu (31/8/2019).

Ketua Bhayangkari Polres Salatiga Ratna Gatot Hendro Hartono mengatakan, kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap setahun bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga bersamaan peringatan Hari Bhayangkari ke 67.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah, yaitu meningkatkan kualitas hidup sehat dengan tujuan agar wanita Indonesia terhindar dari kanker payudara maupun kanker leher rahim," terangnya dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (1/9/2019).

Ia mengimbau kepada para ibu-ibu agar tidak takut memeriksakan diri.

Menurutnya, alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati.

Karena kebanyakan kasus kanker menurutnya, disadari setelah pada stadium lanjut sehingga susah diobati.

Ratna menyampaikan, kegiatan tersebut juga bagian dari peran Bhayangkari dalam upaya peningkatan kualitas hidup sehat bagi masyarakat.

Dengan pemeriksaan ini diharapkan kaum wanita dapat terhindar dari kanker serviks.

“Untuk peserta ada sekitar seratus orang,” katanya.

Petugas Medis DKK Salatiga dr Taswiah berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran warga Kota Salatiga untuk secara dini mendeteksi penyakit kanker.

“Sebagai perempuan juga perlu senantiasa menjaga kebersihan kesehatan, mengkonsumsi makanan secara baik."

"Juga tentunya rutin memeriksakan organ vital minimal setahun sekali, khususnya terkait kanker serviks sehingga tidak terlambat dalam penanganan,” jelasnya. (M Nafiul Haris)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved