Ngopi Pagi

Fokus : Kami Titipkan Amanat Wahai Wakil Rakyat

SEJUMLAH 120 Anggota DPRD Jawa Tengah terpilih akan dilantik pada hari ini, Selasa (3/9) di Gedung Berlian Lantai V

Fokus : Kami Titipkan Amanat Wahai Wakil Rakyat
tribunjateng/bram kusuma
Tajuk ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda 

Oleh M Nu Huda

Wartawan Tribun Jateng, N Nur Huda

SEJUMLAH 120 Anggota DPRD Jawa Tengah terpilih akan dilantik pada hari ini, Selasa (3/9) di Gedung Berlian Lantai V, Jalan Pahlawan Kota Semarang. Jumlah anggota legislatif untuk periode 2019-2024 bertambah 20 orang dari periode sebelumnya sejumlah 100 orang.

Dari sejumlah 120 orang tersebut, sekitar 55 persen atau 66 orang merupakan ‘orang baru’ atau bukan incumbent di Gedung Berlian.

Data yang diperoleh dari KPU Jateng, jumlah kursi terbanyak diperoleh PDIP sejumlah 42 kursi, disusul PKB 20 kursi, Partai Gerindra sejumlah 13 kursi, Partai Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP sejumlah 9 kursi, PAN 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, Nasdem 3 kursi.

Selanjutnya, setelah dilantik, mau ngapain? Sesuai ketentuan Undang Undang RI Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, dijelaskan bahwa sebagai lembaga legislatif daerah, fungsinya adalah melakukan legislasi, penyusunan anggaran dan pengawasan.

Legislasi, yakni membentuk dan menetapkan peraturan daerah. Penyusunan anggaran, yakni membahas dan menetapkan alokasi belanja keuangan daerah. Pengawasan, yakni menjadi mitra pemerintah daerah dalam pengawasan jalannya pemerintahan, realisasi program maupun belanja daerah, serta pelaksanaan peraturan daerah.

Salah satu fungsi legislasi dan tugas yang sangat penting,adalah menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Sudah menjadi kewajiban seorang legislator, bertugas mendengar keluhan dan kebutuhan masyarakat yang tidak terserap oleh pemerintah.

Namun, kita perlu mengingatkan, terutama legislator yang sudah beberapa periode tak mau diganti, tugas Anda tak hanya mendengar, namun juga memperjuangkannya dalam pembahasan program dan anggaran dalam Gedung Berlian.

Di era perkembangan teknologi informasi saat ini, masyarakat memiliki akses yang tak terbatas untuk berkomunikasi dengan siapa saja termasuk pengambil kebijakan di eksekutif.

Semisal, masyarakat Jateng dapat menyampaikan informasi, keluhan, aspirasi, dan kritikan pada Gubernur Ganjar Pranowo melalui platform media sosial. Pemprov Jateng juga memiliki sejumlah kanal aduan berbasis teknologi informasi yang bisa diakses masyarakat.

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi anggota DPRD Jateng dalam hal penjaringan aspirasi. Namun, tentunya tak semua elemen masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya ke gubernur melalui media sosial. Terdapat ruang-ruang tertentu yang khusus membutuhkan pengawalan dari legislatif.

Pada ruang inilah, tugas legislatif sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Perlu diingat pula, setelah Anda dilantik, praktis Anda menjadi Anggota DPRD Jateng, bukan Anggota DPRD ‘Dapil’ yang hanya mementingkan daerah asalnya, teman-teman dekatnya, kelompoknya, keluarganya, apalagi kantongnya.

Selamat menjalankan amanat Rakyat para Anggota Dewan yang terhormat, kami para rakyat menunggu janjimu saat kampanye baik yang tersurat maupun yang tersirat.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved