Benarkah Salatiga Sudah Terbebas Dari Rokok Ilegal? Begini Kata Satpol PP Seusai Operasi

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga menggelar operasi penertiban, termasuk menyasar penjual rokok pita cukai palsu.

Benarkah Salatiga Sudah Terbebas Dari Rokok Ilegal? Begini Kata Satpol PP Seusai Operasi
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Petugas Satpol PP Kota Salatiga saat melakukan razia cukai illegal pada sejumlah toko di Kota Salatiga, Rabu (4/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Untuk menekan peredaran cukai ilegal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga menggelar operasi penertiban, termasuk menyasar penjual rokok pita cukai palsu.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Salatiga Andi Priantoro mengatakan, operasi dilaksanakan selama dua hari yakni mulai Selasa (3/9/2019) hingga Rabu (4/9/2019).

Adapun yang disasar adalah penjual rokok atau barang kenai cukai, baik pada toko modern maupun pasar tradisional.

“Operasi kali ini untuk mencegah dan menekan peredaran barang kena cukai ilegal. Seperti rokok tanpa pita cukai ataupun pita cukai palsu,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (4/9/2019).

Andi Priantoro menjelaskan, operasi penertiban cukai ilegal merupakan agenda rutin.

Tujuannya untuk mengantisipasi dan menekan peredaran barang kena cukai ilegal, khususnya rokok polos atau tanpa pita cukai ataupun rokok dengan pita cukai palsu.

Ia menekankan, pada operasi yang berlangsung dua hari tersebut, petugas diminta mengedepankan komunikasi secara baik dengan masyarakat.

Di luar itu, kata dia, turut memberikan edukasi dan imbauan untuk tidak menjual rokok tanpa pita cukai atau rokok dengan pita cukai meragukan.

“Apabila pedagang mendapat rokok yang biasanya dijual dengan harga relatif lebih murah daripada rokok dengan pita cukai resmi kami minta melaporkan,” katanya.

Dikatakannya, selain menyasar toko modern sampai penjual pada pasar tradisional warung-warung yang terletak di gang sempit juga menjadi target sasaran operasi.

Hanya saja lanjutnya, selama operasi dua hari tidak ditemukan rokok tanpa pita cukai ilegal.

Selain Satpol PP Kota Salatiga, turut dilibatkan dalam operasi yakni Dinas Perdagangan Kota Salatiga serta Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Salatiga, kecamatan, dan kelurahan.

“Dengan tidak adanya temuan rokok ilegal yang dijual, ini menunjukkan kesadaran masyarakat sudah semakin baik,” jelasnya. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved