Opini Trisno Yulianto : Miniatur Elektoral Pilkades

Pemilihan Kepala Desa secara serentak maupun bergelombang akan dilaksanakan diberbagai desa di 29 Kabupaten di Jawa Tengah.

Opini Trisno Yulianto : Miniatur Elektoral Pilkades
Bram Kusuma
Trisno Yulianto 

Oleh TRISNO YULIANTO

Analis Politik Perdesaan, Alumni FISIP UNDIP

TRIBUNJATENG.COM -- Pemilihan Kepala Desa secara serentak maupun bergelombang akan dilaksanakan diberbagai desa di 29 Kabupaten di Jawa Tengah.

Pemilihan kepala desa berdasarkan regulasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 65 tahun 2017. Pedoman Teknis pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara langsung diatur dalam Peraturan Bupati ataupun Peraturan Daerah disetiap Kabupaten.

Pelaksanaan Pemiihan Kepala Desa sebagai piranti prosedural bagi masyarakat desa untuk memilih calon pemimpinnya, yang jika terpilih akan mengemban amanat sebagai Pemegang kekuasaan Pengelolaan Keuangan desa sekaligus sebagai "pucuk" eksekutif lembaga pemerintahan desa.

Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sebagai leading sector yang memfasilitasi pelaksanaan Pilkades, dari mulai penyusunan peraturan Bupati, penyiapan tahapan, fasilitasi bantuan keuangan, fasilitasi pelaksanaan, pembekalan kades terpilih sampai pelantikan.

Beberapa Kabupaten mencoba melakukan Inovasi dalam teknis pelaksanaan Pilkades dengan metode pemungutan suara menggunakan E-Voting.

E-Voting merupakan inovasi pemungutan suara diluar kebiasaan teknis mencoblos atau mencontreng. Peralatan E-=Voting dilayani oleh BPPT sebagai owner dalam perangkat keras dan perangkat lunak (aplikasi).

Beberapa Kabupaten yang melaksanakan sistem pemungutan suara melalui E-Voting antara lain Boyolali dan Pemalang.

Meskipun ditahun 2016 pelaksanaan Pilkades E-Voting di Pemalang memicu demonstrasi ketidakpuasan calon kepala desa yang kalah dalam Pilkades.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved