Desa Giling Kabupaten Pati Dicanangkan jadi Desa Sadar Kerukunan, Bupati Haryanto Ungkap Alasannya

Bupati Pati Haryanto menghadiri Pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Desa Giling, Kecamatan Gunungwungkal

Desa Giling Kabupaten Pati Dicanangkan jadi Desa Sadar Kerukunan, Bupati Haryanto Ungkap Alasannya
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto menghadiri Pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Desa Giling, Kecamatan Gunungwungkal, Sabtu (7/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto menghadiri Pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Desa Giling, Kecamatan Gunungwungkal, Sabtu (7/9/2019).

Acara pencanangan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Giling, dihadiri pula oleh Ketua FKUB Pati Ahmad Khoiron, Kepala Kantor Kemenag Pati Imron, Forkopimcam Gunung Wungkal, dan para Kepala Desa se-Kecamatan Gunungwungkal.

Menurut Haryanto, sejatinya kerukunan antarumat beragama tidak hanya ada di Desa Giling, melainkan merata hampir di mana-mana. Namun, bagi Haryanto, desa yang ditunjuk sebagai Desa Pancasila atau Desa Sadar Kerukunan memiliki spesifikasi tersendiri.

"Memang Desa Giling, Jrahi, dan Karangsari punya sesuatu yang spesifik. Dulu Karangsari ditetapkan sebagai Desa Pancasila. Jrahi juga pernah. Kenapa demikian? IBisa dipastikan bahwa adat-istiadat dan kearifan lokal terjaga dengan baik," ucapnya.

Haryanto mengatakan, terpilihnya Kepala Desa berlatar belakang minoritas di Desa Giling juga menjadi satu penanda kerukunan dan toleransi. Sunarsih, sang kepala desa yang beragama Buddha, terbukti bisa mewadahi aspirasi masyarakat yang mayoritas Muslim.

"Ini bukti bahwa dengan kepemimpinan Bu Kades yang berlatar belakang minoritas, aspirasi masyarakat bisa terwadahi. Bukti bahwa beliau bisa memberi pelayanan terbaik, tidak membeda-bedakan," ucapnya.

Haryanto menegaskan, kepemimpinan di Indonesia memang seharusnya tidak mempermasalahkan status minoritas atau mayoritas.

"Mayoritas kalau tidak bisa jadi panutan dan tuntunan, pasti akan ditinggal masyarakat. Sebaliknya, kalau minoritas bisa menjadi pelindung masyarakat, sudah tentu tidak akan ditinggalkan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Haryanto berpesan, Desa Giling yang telah dicanangkan sebagai Desa Sadar Kerukunan harus menjadi contoh bagi desa-desa yang lain, minimal di Kecamatan Gunungwungkal.

"Saya apresiasi. Kerukunan yang sudah ada ini agar jadi contoh bagi desa lain. Desa lain yang sudah rukun ya ditingkatkan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved