480 Peserta Ikuti MTQ Kabupaten Batang, Ini Pesan Bupati Wihaji

Pada zaman sekarang, banyak umat Islam yang pandai membaca Alquran tapi tak sedikit yang perilakunya jauh dari keteladanan.

480 Peserta Ikuti MTQ Kabupaten Batang, Ini Pesan Bupati Wihaji
IST
Bupati Batang Wihaji membuka MTQ Tingkat Kabupaten Batang di Pendopo Kantor Bupati, Sabtu (7/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pada zaman sekarang, banyak umat Islam yang pandai membaca Alquran tapi tak sedikit yang perilakunya jauh dari keteladanan.

Oleh karena itu, jagalah perilaku sehingga bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi generasi milenial.

Pesan itu diungkapkan Bupati Batang Wihaji saat membuka MTQ Tingkat Kabupaten Batang di Pendopo Kantor Bupati, Sabtu (7/9/2019).

"Jangan sampai baca Alquran baik dan benar tapi perilakunya tidak bisa jadi contoh. Kalau jadi hafidz, jadilah teladan bagi semua umat," ujarnya.

Ia juga mengatakan, MTQ sekarang jauh beda dengan penyelenggaraan di zaman dulu.

Dulu kegiatannya sangat diapresiasi dan didukung penuh oleh pemerintah sehingga di tingkat nasional pasti dibangunkan gedung perlombaan.

"MTQ sekarang sudah dianggap biasa saja karena menganggap dakwah dan syiar Islam sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Namun, pemerintah sangat mengapresiasi hafiz Alquran untuk masuk di institusi pemerintahan, baik sebagai  ASN, TNI maupun Polri.

"Apresiasi ini menandakan bahwa MTQ memiliki kemajuan yang luar biasa. Jadi penghafal bisa ikut berkontribusi dan mengabdi di jalur pemerintahan," jelasnya.

Wihaji juga menjanjikan kepada peserta yang berhasil menjadi juara dan bisa berprestasi di tingkat provinsi dan tingkat nasional akan mendapat apresiasi berupa beasiswa.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Batang Retno Dwi Irianto mengatakan, selain menjadi agenda tahunan MTQ kali ini juga untuk memeriahkan tahun baru Islam.

"Kegiatan ini media untuk meningkatkan pemahaman dan pengalamaan isi Alquran dan melahirkan Qori dan Qoriah yang akan diikutsertakan di tingkat Jawa Tengah," jelas Retno.

Dalam MTQ ada 32 cabang golongan yang diikuti pelajar dan umim se-Kabupaten Batang, perwakilan dari masing-masing kecamatan.

"Peserta MTQ sejumlah 480 peserta dan 135 pendamping. Kemudian dewan hakim 31 orang dan panitera 31 orang," tandasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved