52 Hektare Sawah di Batang Terancam Gagal, Ini Imbauan Kepala Dispaperta

Berdasarkan data dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Batang ada 52 hektare area sawah yang terancam gagal panen

52 Hektare Sawah di Batang Terancam Gagal, Ini Imbauan Kepala Dispaperta
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Kepala Kepala Dispaperta Batang, Migayani Thamrin 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kemarau yang berkepanjangan berakibat pada sebagian sawah di beberapa daerah di Batang mengalami kekeringan hingga terancam gagal panen.

Berdasarkan data dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Batang ada 52 hektare area sawah yang terancam gagal panen.

"Rata-rata area sawah yang terancam gagal panen berada di Kecamatan Limpung, Tersono, Pecalungan dan Reban," terang Kepala Dispaperta Batang, Migayani Thamrin, Senin (9/9/2019).

Migayani Thamrin menjelaskan jika luasan daerah tersebut masih masuk dalam tahap ancaman yang artinya masih beresiko gagal dan juga punya peluang untuk bisa panen.

"Ancaman gagal panen karena kekeringan tetap ada tapi meski terancam bukan artinya nanti gagal panen, masih ada harapan jika nantinya area seluas 52 hektare itu tetap berhasil panen.

Hanya saja saat ini karena intensitas hujan sangat rendah, bahkan disebagian daerah tidak hujan, maka ada resiko atau ancaman tersebut," imbuhnya.

Oleh karena itu, Migayani mengimbau agar para petani waspada dan menjaga tanaman padi agar tidak kekurangan air.

Dia berharap petani tidak akan mengalami gagal panen, oleh karenanya pihaknya berupaya memberikan solusi bagi para petani dengan meminjamkan pompa.

"Jika di daerah sekitarnya masih ada sumber air kami sudah menyiapkan pompa untuk bisa dipinjamkan pada petani yang membutuhkan," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved