UNW Berdayakan Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Sampah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan

Unversitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran berdayakan 35 ibu di Kelurahan Sidomulyo untuk mengubah sampah plastik rumah tangga sebagai kerajinan tangan.

UNW Berdayakan Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Sampah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Pameran Kerajinan Tangan, Pengolahan Sampah Plastik Melalui Kerajinan Tangan Pendukung Budaya Sehat pada Minggu (8/9/2019) pagi yang dilaksanakan di halaman SD Negeri Sidomulyo 4 Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Unversitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran berdayakan 35 ibu rumah tangga dari 5 RW di Kelurahan Sidomulyo untuk mengubah sampah plastik rumah tangga sebagai kerajinan tangan.

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNW, Nur Intan Rochmawati, menyatakan, kegiatan pada Minggu (8/9/2019) pagi yang dilaksanakan di halaman SD Negeri Sidomulyo 4, merupakan pameran kerajinan tangan hasil kegiatan yang dilaksanakan selama enam bulan.

"Kami berharap dari program ini ke depannya dapat mempelopori program yang kami laksanakan dapat menyebar di wilayah Kabupaten Semarang hingga luar wilayah Kabupaten Semarang," harapnya.

Latar belakang pihak UNW menggandeng Kelurahan Sidomulyo, karena terdapat bank sampah warga yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Untuk mendukung kampanye pemanfaatan sampah plastik sekaligus kampanye hidup sehat, pihaknya memproduksi bahan dari limbah plastik.

Selain dapat memanfaatkan sampah, produk yang dihasilkan juga merupakan bahan yang bernilai fungsi dan memiliki nilai jual.

Pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini tak hanya dari melibatkan puluhan ibu dari 5 RW di Kelurahan Sidomulyo, juga melibatkan pembimbing dan narasumber yang berasal dari warga setempat, yakni Sri Rahayu dan Nyonya Heru.

Peran mereka memberikan pendampingan dan bimbingan bagi para peserta yang dilibatkan untuk kegiatan ini.

Adapun kendala dalam pelaksanaan program ini ialah pemilihan material plastik yang layak untuk dijadikan tas, taplak, sajadah, hingga tempat tisu.

Halaman
12
Penulis: amanda rizqyana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved