Dukung Desa Keditan Magelang Jadi Destinasi Wisata, UKSW Salatiga Jalin Kerjasama

Beberapa potensi yang dimiliki desa ini adalah keindahan alamnya karena diapit Gunung Andong dan Gunung Telomoyo

Dukung Desa Keditan Magelang Jadi Destinasi Wisata, UKSW Salatiga Jalin Kerjasama
Istimewa
Dekan Fakultas Interdisiplin UKSW Salatiga Titi Susilowati saat melakukan penandatangan perjanjian dengan Kepala Desa Keditan Magelang Karyadi. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Keditan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Melalui penandatanganan kerjasama antar kedua belah pihak yang dilakukan Rabu (4/9/2019).

Ketua program studi Destinasi Pariwisata (Despar) Fakultas Interdisiplin Aldi Herindra Laso mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan mencakup beberapa hal, antara lain penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa.

“Jalinan kerjasama ini menjadikan Desa Keditan salah satu desa laboratorium  lapangan Prodi Despar.

UKSW membuka peluang kegiatan kolaborasi yang saling menguntungkan.

Tidak hanya kesempatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa, melalui jalinan kerjasama ini mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk mempraktikan keterampilan seperti pendampingan masyarakat saat menerima wisatawan,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Selasa (10/9/2019)

Menurut Aldi Laso diharapkan kegiatan kampus nantinya turut memberi manfaat bagi masyarakat desa mengingat Desa Keditan memiliki potensi untuk menjadi sebuah destinasi pariwisata.

Beberapa potensi yang dimiliki desa ini adalah keindahan alamnya karena diapit Gunung Andong dan Gunung Telomoyo.

“Selain itu desa ini juga punya potensi budaya, pertanian dan UMKM olahan susu dan snack dari daun pegagan.

Potensi-potensi inilah yang membuat Desa Keditan bisa menjadi salah satu destinasi wisata,” katanya

Ia menambahkan, hanya saja kondisi Desa Keditan masih membutuhkan bantuan untuk siap menjadi sebuah destinasi, karenanya Prodi Despar berkomitmen untuk membantu Desa Keditan mempersiapkan semua.

Selain Desa Keditan, Prodi Despar juga memiliki desa laboratorium lapangan lainnya, yaitu Desa Pogalan di Kabupaten Magelang, Kelurahan Kecandran Salatiga dan juga Desa Kauman Kidul Salatiga.

“Untuk mengembangkan Kelurahan Kecandran kita bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Salatiga.

Sedangkan untuk Desa Kauman Kidul, Prodi Despar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata. Beberapa desa lainnya sedang dalam proses untuk menjadi desa laboratorium lapangan selanjutnya,” ujarnya

Pihaknya menegaskan Prodi Destinasi Pariwisata ingin turut serta berkontribusi bagi masyarakat melalui sejumlah kegiatan sejenis yang sedang dilakukan prodi ini dengan instansi ataupun pemerintah lokal lainnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved