Fraksi DPRD Jateng Ditetapkan, Ini Komposisinya

Pembentukan fraksi- fraksi DPRD Provinsi Jateng sudah ditetapkan dalam rapat paripurna di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Kota Semarang, Senin (9/9/2019

Fraksi DPRD Jateng Ditetapkan, Ini Komposisinya
ISTIMEWA/Facebook/Ida N Saadah
ILUSTRASI - Pelantikan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Periode 2019-2024, 6 September 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pembentukan fraksi- fraksi DPRD Provinsi Jateng sudah ditetapkan dalam rapat paripurna di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Kota Semarang, Senin (9/9/2019).

Ada delapan fraksi dari sembilan partai yang memperoleh kursi di dewan provinsi itu.

Sesuai ketentuan untuk dapat membentuk satu fraksi di DPRD Jateng minimal harus memiliki lima kursi di parlemen.

Dua partai yakni Demokrat dan NasDem bergabung menjadi Fraksi Demokrat Nasional. NasDem yang hanya memiliki tiga kursi di dewan tidak bisa membentuk fraksi sendiri. Nasdem pada periode sebelumnya bergabung dengan PDIP.

Sementara, tujuh partai lain bisa membentuk fraksi sendiri. Masing-masing yakni Fraksi PDIP, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan PAN.

"Delapan fraksi berikut ketuanya sudah ditetapkan dalam paripurna," kata Wakil Ketua sementara DPRD Jateng, Sukirman, Selasa (10/9/2019).

Dalam rapat paripurna pertama itu juga ditetapkan susunan pimpinan dan keanggotaan masing-masing fraksi.

Pimpinan delapan fraksi itu yakni, ketua Fraksi PDIP, Bambang Haryanto Baharudin; Fraksi PKB, Syarif Abdillah; Fraksi Partai Golkar, Muhammad Saleh; Fraksi PKS, Arifin Mustofa; Fraksi Gerindra, Rohmat Marzuki; Fraksi PAN, Wahyudin Noor Aly alias Goyud; Fraksi PPP, Masruhan Samsurie; dan Fraksi Demokrat Nasional, Kholik Idris.

Dalam rapat paripurna, kata dia, juga menetapkan pembentukan panitia khusus (pansus) dewan tentang tata tertib (tatib) DPRD Jateng periode 2019-2024.

"Pansus akan membahas tatib yang akan menjadi pedoman bagi anggota dewan selanjutnya," ujar terangnya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved