Ganjar : Cukup Tagar KemalaJateng, Pemerintah Akan Merespon Cepat Apa yang Disampaikan Masyarakat

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengenalkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR

Ganjar : Cukup Tagar KemalaJateng, Pemerintah Akan Merespon Cepat Apa yang Disampaikan Masyarakat
IST
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat berbicara pada acara LAPOR Goes to Campus. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengenalkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR kepada para generasi muda di Kota Semarang.

Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini menjadi lokasi pertama dibukanya rangkaian Lapor Goes to Campus, Selasa (10/9/2019).

Bertempat di Universitas Diponegoro, Deputi bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB, Diah Natalisa, menyatakan kampus merupakan target melakukan edukasi dan promosi karena pengguna LAPOR berada pada usia rentang 19-35 tahun.

"Ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi kaum muda dalam pengaduan pelayanan publik," kata Diah dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Rabu (11/9/2019).

Ia mengatakan, saat ini hampir seluruh penyelenggara pelayanan publik, termasuk perguruan tinggi terhubung dengan platform ini.

Kejati Tetapkan 4 Tersangka Penyelewengan Dana Bantuan Provinsi Jateng, Kerugian Negara Bertambah

Polresta Solo Bongkar Peracikan Tembakau Gorila di Kos-kosan, Sehari Bisa Datang 4 Paket Misterius

Meski Pontang Panting, Banur Sebut Finky Pasamba Sukses Matikan Motor Serangan PSM

Kata Pelatih, Ini Kunci Kemenangan PSIS Semarang atas PSM Makassar

Pembentukan tim pengelolaan pengaduan diserahkan pada masing- masing instansi pemerintah dan lembaga. Masyarakat perlu didorong berpartisipasi.

"Karena tanpa partisipasi masyarakat, tidak akan tercapai tujuan pengaduan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik," ujarnya.

Oleh karena itu perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait tata cara dan mekanisme dalam menyampaikan pengaduan, permintaan informasi, apresiasi maupun aspirasi dengan baik.

Mahasiswa sebagai penerus bangsa, kata dia, diharapkan ikut berpartisipasi dalam perbaikan layanan publik, terutama dari segi pengaduan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang hadir dalam acara itu menjelaskan, di era serba digital sekarang ini, laporan masyarakat tidak perlu dengan birokrasi berbelit.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved