Persiapan Dulongmas dan Porprov, Atlet Banjarnegara Jalani Tes Parameter

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjarnegara selesai menyelenggarakan tes parameter untuk seluruh atlet

Persiapan Dulongmas dan Porprov, Atlet Banjarnegara Jalani Tes Parameter
Istimewa
Pengurus koni Banjarnegara bersama para atlet muda (ist) 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjarnegara selesai menyelenggarakan tes parameter untuk seluruh atlet dengan menggandeng Universitas Ngudi Waluyo Semarang, tanggal 6 dan 7 September 2019 lalu.

Ada beberapa kemampuan yang diukur melalui tes ini semisal kekuatan fisik, kecepatan dan kelincahan atlet. Tes parameter ini diikuti oleh 396 atlet dari 29 Pengurus Cabang (Pengcab) di Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini dipantau langsung oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, serta pengurus KONI dan Pengcab Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Umum KONI Banjarnegara Nurohman mengatakan, dari hasil tes, secara umum, kondisi atlet di Kabupaten Purbalingga belum bagus.

"Karena mugkin ini tes baru pernah diadakan oleh KONI Banjarnegara,"katanya

Setelah tes ini, masing-masing Pengcab akan menerima kucuran dana untuk pelatihan kabupaten (Pelatkab). Ini untuk persiapan jangka panjang atlet dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Kedu, Pekalongan dan Banyumas (Dulongmas).

Pihaknya berharap, tes parameter ini bisa memberikan data awal kemampuan atlet. Data awal ini paling tidak bisa memberikan pengetahuan kepada pelatih tentang kondisi fisik atletnya.

Dengan demikian, data itu bisa dijadikan acuan dalam menentukan program maupun bentuk latihan yang tepat untuk atlet sesuai kebutuhannya. Sehingga program latihan itu akan efektif dan tepat sasaran.

"Informasinya, Banjarnegara adalah kabupaten pertama di Jatengyang adakan tes parameter untuk persiapan Dulongmas dan Porprov, lainnya belum,"katanya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved