Bambang Kribo Janji Tertibkan Anggota DPRD Jateng Indisipliner

Calon Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto, bertekad untuk mendisplinkan anggota dewan setelah ditetapkan menjadi ketua definitif.

Bambang Kribo Janji Tertibkan Anggota DPRD Jateng Indisipliner
TRIBUN JATENG/DANIEL ARI PURNOMO
Bambang Kusriyanto mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Semarang di gedung Dharma Bhakti Praja, Ungaran, Senin (20/2/2017 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Calon Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto, bertekad untuk mendisplinkan anggota dewan setelah ditetapkan menjadi ketua definitif.

"Ada beberapa hal yang akan dimasukan dalam tatib (tata tertib) anggota dewan yang berbeda dengan periode sebelumnya. Yang paling utama yakni kedisiplinan," kata pria yang akrab disapa Kribo, Kamis (12/9/2019).

Beberapa hal yang dimasukan ke tatib dan bisa dikatakan baru yakni mundurnya waktu rapat kerja atau penyusunan peraturan daerah.

Ketika rapat tidak memenuhi kuorum, akan diskors sekali hingga dua kali. Jika tetap tidak kuorum, akan diagendakan kembali di hari lain, bukan dilanjutkan.

"Kenapa begitu? Karena kalau tidak kuorum terus diskors dan dilanjutkan anggota (dewan) lain akan bermalas- malasan," kata Sekretaris DPD PDIP Jateng itu.

Kemudian, jika diagendakan kembali tetap tidak memenuhi kuorum, masih banyak anggota yang bolos, pimpinan dewan akan menyampaikan atau melapor ke masyarakat.

Hal itu untuk menepis anggapan masyarakat bahwa anggota parlemen sering bolos.

"Rapat kuorum ditentukan sesuai kehadiran fisik, bukan tandatangan presensi," tegasnya.

Enam kali tidak mengikuti paripurna, kata dia, bisa dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Hal itu sesuai aturan yang berlaku.

Ia juga akan mengoptimalkan kinerja Badan Kehormatan (BK) untuk menilai anggota- anggota yang indisipliner.

"Kedisplinan menjadi prioritas. Mudah- mudahan bisa membawa citra dewan lebih baik. Kemarin sudah baik, kini harus lebih baik," ujarnya.

Setelah ditetapkan menjadi ketua definitif, lalu akan dimintakan SK Menteri Dalam Negeri. Kemudian, pembentukan alat kelengkapan dewan lain, termasuk susunan pimpinan komisi. Ia menargetkan akan rampung pada akhir September ini.

Ketika disinggung kader PDIP yang akan mengisi slot pimpinan komisi, Kribo berharap ada tiga komisi yang dipimpin orang partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved