Bermodal Rp 2,6 Juta, Gapura Gang Manggis Kasepuhan Batang Urutan ke-32 Apresiasi Tingkat Nasional

Gapura Gang Manggis RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang berhasil masuk dalam urutan 32 kategori pemenang apresiasi tingkat nasional dalam lomba gapura cinta

Bermodal Rp 2,6 Juta, Gapura Gang Manggis Kasepuhan Batang Urutan ke-32 Apresiasi Tingkat Nasional
IST
Gapura Gang Manggis RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang berhasil masuk dalam urutan 32 katagori pemenang apresiasi tingkat nasional bertema sejarah perang. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Gapura Gang Manggis RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang berhasil masuk dalam urutan 32 kategori pemenang apresiasi tingkat nasional dalam lomba gapura cinta negeri, untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

"Walaupun baru bisa masuk urutan 32 kategori pemenang apresiasi merupakan kebanggan bagi kami, karena dengan kekompakan dan guyub rukunnya warga mampu berkarya untuk menujukan kreatifitas dan inovasinya di tingkat nasional," tutur pengurus RT 04 RW 01 Kasepuhan Batang, Darno Kamis (12/9/2019).

Dia mengatakan lomba gapura bagian dari menggugah kembali semangat nasionalisme warga, mereka rela berkorban materi, waktu dan tenaga untuk berkontribusi mempercantik gapura.

"Kebanggaan kami mampu mengalahkan ribuan peserta, karena dari daftar peserta yang masuk sebanyak 1793 peserta, untuk kategori umum sebanyak 1546 gapura, kategori instansi 337 gapura," ujarnya.

BNN Kendal Buka Klinik Rehabilitasi Narkoba Rawat Jalan, Gratis

Dosen UNS Solo Pakai Tulang Sapi bagi Pasien Patah Tulang, Harga Lebih Ekonomis

Jumlah Perokok di Bawah Umur 18 Tahun di Salatiga 9,1 Persen, Yuliyanto Dorong Kawasan Tanpa Rokok

Warga Pekalongan Mengeluh, Vaksin Meningitis Syarat Berangkat Haji Harus ke Tegal

Dijelaskannya, dari jumlah peserta dinilai kurator dan terseleksi 50 besar kategori umum dan 10 kategori.

Dari 50 gapura kategori umum dipilih 10 pemenang untuk diundang ke istana ketemu presiden.

Kemudian 40 kategori umum tinggal 40 gapura dan 10 besar kategori lembaga tinggal 7 gapura kategori lembaga sebagai pemenang apresiasi dan gang manggis Kasepuhan Batang masuk urutan ke-32.

"Tema gapura yang kita angkat sejarah perang kemerdekaan untuk menggali kembali semangat cinta tanah air bagi generasi muda menjadi SDM yang unggul untuk Indonesia yang lebih maju," ujar Darno.

Darno mengatakan rangkaian pembangunan gapura secara keseluruhan menggunakan bahan-bahan bekas seperti plastik sebagai wujud dari program Pemerintah dalam pengurangan sampah plastik.

Sementara untuk ikon gapura yang berupa pesawat terbang terbuat dari bambu dilapisi kertas semen bekas dengan perekat lem dari tepung kanji.

"Pembuatan gapura menghabiskan anggaran pembangunan sebesar Rp. 2.679.000 murni swadaya warga," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved