Jadi Calon Ketua DPRD Semarang, Pilus Janji Rapat Paripurna Tidak Molor

"Kami siap menampung aspirasi masyarakat. Kami juga mohon masukan dr pers manakala ada yang tidak pas," ucapnya

Jadi Calon Ketua DPRD Semarang, Pilus Janji Rapat Paripurna Tidak Molor
Istimewa
Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman, menerima surat rekomendasi sebagai Ketua DPRD Kota Semarang dari Ketua DPC PDIP Kota Semarang, Rabu (11/9/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman muncul dalam daftar rekomendasi dari DPP PDIP untuk mengemban amanah menjadi Ketua DPRD Kota Semarang periode 2019-2024 yang baru diumumkan Rabu (11/9/2019).

Meski baru keluar sebagai rekomendasi dan belum dilantik secara, Pilus, sapaan akrabnya, berjanji akan membawa parlemen DPRD Kota Semarang lebih baik.

Seperti diketahui, kebiasaan wakil rakyat menggelar rapat paripurna yang molor berjam-jam sudah menjadi rahasia umum pada DPRD periode lalu.

Sebutan molor pun akan dibabat habis pada periode ini. Dia ingin mengedepankan kedisiplinan dan ketertiban anggota dewan agar tidak merugikan pihak lain.

"Dulu banyak anggota dewan yang mengeluh, tidak hanya anggota dewan bahkan teman-teman OPD juga mengeluh karena rapat paripurna tidak tepat waktu. Saat ini kami mencoba berbalik," tutur Pilus, Kamis (12/9/2019).

Sejak dilantik sebagai DPRD Kota Semarang, pihaknya telah menggelar beberapa kali rapat paripurna secara tepat waktu.

Dia pun berusaha akan selalu mengupayakan rapat paripurna hingga lima tahun kedepan akan terlaksana tanpa mengulur waktu.

"Kami tidak boleh molor-molor lagi. Kami mencoba dari diri sendiri supaya pihak lain tidak tersandera dan bisa melaksanakan tugas yang lain karena semuanya punya kegiatan lain dan tanggungjawab yang besar," tegasnya.

Pilus juga berjanji akan menjalankan tugas dan amanah yang diberikan DPP dan melaksanakan fungsi legislatif baik pengawasan, penganggaran, dan legislasi. Pihaknya akan mengontrol kinerja Pemerintah Kota Semarang dengan memberi kritik dan saran agar pemerintahan tidak berjalan lesu.

Pihaknya juga membuka komunikasi secara lebar dengan pihak eksekutif, masyarakat, maupun media.

"Kami siap menampung aspirasi masyarakat. Kami juga mohon masukan dr pers manakala ada yang tidak pas," ucapnya.

Dikatakannya, beberapa rekomendasi wakil ketua DPRD Kota Semarang dari partai lain sudah masuk, diantaranya Gerindra dan Demokrat. Sedangkan, dia masih menunggu rekomendasi pimpinan dari PKS.

Adapun setelah ini, Pilus yang saat ini masih mengemban jabatan Ketua Sementara DPRD Kota Semarang, akan menggelar rapat paripurna, Jumat (13/9/2019) untuk memfasilitasi pembahasan serta persiapan penetapan pimpinan definif.

"Setelah definitif ditetapkan kami bisa mulai menjalankan tugas dengan membentukan alat kelengkapan. Termasuk, menyelesaikan beberapa raperda yang belum tergarap pada periode lalu," bebernya. (eyf)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved