Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Gandeng Pemprov, Siap Kembangkan 5 Pelabuhan di Jateng

Roadshow tersebut, rencananya akan digelar Palangkaraya, Samarinda, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Batam, dan Pontianak, selain Semarang

Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Gandeng Pemprov, Siap Kembangkan 5 Pelabuhan di Jateng
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menggelar roadshow di sejumlah daerah termasuk di Semarang, yang digelar di Hotel Ciputra Semarang, Kamis (12/9). Pada Roadshow tersebut ABUPI menekan pentingnya kerjasama baik swasta dan pemerintah untuk pembangunan pelabuhan di Jateng. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menggelar roadshow di sejumlah daerah, di tahun 2019.

Roadshow tersebut, rencananya akan digelar Palangkaraya, Samarinda, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Batam, dan Pontianak, selain Semarang.

Untuk roadshow di Semarang , ABUPI mengusung tema "Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan dan Pengelolaan Infrastruktur Pelabuhan".

Tema tersebut, ditujukan untuk mendapatkan solusi, atas permasalahan yang selama ini yang dihadapi oleh ABUPI.

Apalagi, pada Focus Group Discussion (FGD) itu, ABUPI menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dalam mengembangkan 5 pelabuhan di Jawa Tengah.

Disebutkan oleh Korwil ABUPI Jawa Tengah Mindo H. Sitorus, ke lima pelabuhan di Jateng itu, meliputi, Semarang, Kendal, Rembang, Brebes, dan Blora.

"Pada FGD ini kita cari solusi permasalahan yang selama ini, khususnya percepatan berupa Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan dan pengelolaan infrastruktur pelabuhan.

Apalagi, kita akan mengembangkan 5 pelabuhan yang ada di Jateng, harus segera dicari solusinya dengan duduk bersama seperti ini," ujarnya, di Hotel Ciputra, Semarang, Kamis (12/9).

Mindo, juga mengatakan, bahwa, dengan cara skema konsorsium dengan Pemerintah Provinsi (pengprov) Jateng, Pemda, BUMN, BUMD serta swasta.

"Maka, dengan skema konsorsium, diharapkan bisa ada permodalan dan perijinan pengembang pelabuhan kian cepat. Hal itu dikarenakan, ada saham didalamnya," bebernya.

Halaman
12
Penulis: hesty imaniar
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved