BPN Target 2023 Seluruh Bidang Tanah di Kudus Telah Bersertifikat

Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus menargetkan pada 2023 seluruh bidang tanah yang ada di Kabupaten Kudus sudah bersertifikat.

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus menargetkan pada 2023 seluruh bidang tanah yang ada di Kabupaten Kudus sudah bersertifikat.

Target itu selaras dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus Heri Sulistiyo mengatakan, saat ini masih ada sekitar 60 ribu sampai 70 bidang tanah di Kudus yang masih belum bersertifikat.

Dalam setahun, pihaknya mampu menerbitkan sekitar 35 ribu sertifikat, maka dalam dua tahun ke depan sudah bisa dinyatakan lengkap sertifikat.

“Perkiraan dua tahun ke depan sudah lengkap sertifikat.

Kalau masih ada yang belum bersertifikat bisa diajudikasi di tahun berikutnya.

Jadi tahun 2023 semuanya sudah lengkap,” kata Heri.

Dia mengatakan, di beberapa wilayah di Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah lebih dari Kabupaten Kudus pada 2020 seluruh bidang tanah yang ada sudah bersertifikat.

Misalnya, kata dia, Kabupaten Sukoharjo.

“Misalnya di Sukoharjo, maka kami akan segera menyusulnya,” katanya.

Sedangan, untuk tahun ini, katanya, pihaknya menargetkan mampu menerbitkan sekitar 36 ribu sertifikat.

Penerbitan itu, katanya, melalui program PTSL. Pada 2018, katanya, ada surplus sampai 3.800 bidang tanah K3, atau tanah yang subjeknya belum memenuhi syarat namun sudah tercatat,

“Dari target yang normatif nanti di akhir ada sebanyak 36 ribu bidang tanah akan terpenuhi. Pada 2018 ada surplus 3.800 bidang tanah yang K3 kita akan respons untuk disertifikat,” kata dia. (goz)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved