Gencar Bangun Jaringan di Luar Jawa, XL Axiata Perkuat Fondasi Pertumbuhan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan terus memperkuat jaringan data berkualitas di luar Jawa, sebagai langkah strategis untuk memperkokoh fondasi bisnis

ISTIMEWA
Teknisi sedang melakukan pengecekan atau pemeliharaan jaringan di salah satu BTS milik XL Axiata. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan terus memperkuat jaringan data berkualitas di luar Jawa, sebagai langkah strategis untuk memperkokoh fondasi bisnis di masa depan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini meyakini, infrastruktur jaringan data yang kuat di luar Jawa akan mampu meningkatkan kualitas layanan, sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar.

"Kami akan terus menjalankan Strategi 3R dengan terus melakukan pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa, serta melanjutkan strategi dual brand yang terbukti telah mampu memberikan hasil yang sangat bagus bagi XL Axiata dalam 3 tahun terakhir," kata Dian Siswarini, dalam siaran pers yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (13/9/2019).

Hingga saat ini, pihaknya on track, berada di jalur yang direncanakan, dan terbukti mampu membuahkan kinerja yang diharapkan. Pihaknya yakin, trend pertumbuhan yang diraih sepanjang 1H 2019 lalu akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2019 nanti.

Sepanjang semester 1 2019, XL Axiata telah menyelesaikan 90% dari target rollout jaringan dengan sekitar 19.000 BTS baru, sebagian besar berada di luar Jawa.

Kini layanan 4G tersedia di sekitar 292 kota/kabupaten di luar Jawa dengan lebih dari 14.000 BTS 4G di luar Jawa, dari total 408 kota/kabupaten seluruh wilayah di Indonesia yang ditopang lebih dari 37.000 BTS 4G.

"Kami berharap hingga akhir 2019 nanti akan mampu memberikan layanan 4G ke total sekitar 440 kota/kabupaten, dan jumlah total jumlah BTS mencapai lebih dari 135.000 unit. Dengan demikian, layanan XL Axiata akan mencapai sekitar 95% dari populasi Indonesia," ungkapnya.

Untuk memperkuat infrastruktur di luar Jawa, XL Axiata juga memanfaatkan program Universal Service Obligation (USO). XL Axiata telah memenangkan tender pembangunan jaringan USO di 250 titik yang berada di 51 kabupaten, sebagian besar di antaranya ada di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Realisasi pembangunan akan dilaksanakan di tahun ini hingga tahun depan, berupa jaringan 4G. XL Axiata juga akan memanfaatkan keberadaaan backbone fiber optik Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur untuk perluasan jaringan ke luar Jawa.

Dijelaskan, XL Axiata mencatatkan pencapaian kinerja yang kuat di semester 1 2019, dengan pendapatan tumbuh sebesar 11% YoY yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15% YoY.

Sementara itu, pendapatan dari layanan data tumbuh 29% YoY, meningkat kontribusinya menjadi 87% terhadap total pendapatan layanan di periode semester 1 2019 ini.

"Kinerja yang menggembirakan ini, juga ditopang oleh meningkatnya efisiensi biaya yang mendorong EBITDA meningkat 19% YoY, dan EBITDA margin juga tumbuh 3% YoY. Pada periode semester 1 2019 ini, kami juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 282 miliar," tandasnya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved