Nur Azizah Maruf Amin: Indonesia Bukan Negara Agama

Indonesia bukan negara agama, tapi negara dengan penduduk beragama, yang mayoritas adalah Islam.

Nur Azizah Maruf Amin: Indonesia Bukan Negara Agama
Tribun Jateng/yayan
Siti Nur Azizah, putri Wapres terpilih KH Maruf Amin, memberi pemaparan dalam dialog kebangsaan 'Mewujudkan Islam Ramah dan Bermaslah', di Pendopo? Kabupaten Wonosobo, Sabtu (14/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - ‎Indonesia bukan negara agama, tapi negara dengan penduduk beragama, yang mayoritas adalah Islam.

Hal itu disampaikan Dr Siti Nur Azizah, yang merupakan putri Wakil Presiden terpilih, KH Maruf Amin‎, dalam dialog kebangsaan 'Mewujudkan Islam Ramah dan Bermaslahah' di Pendopo Kabupaten ‎Wonosobo, Sabtu (14/9/2019).

‎‎Nur Azizah menambahkan, Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama.

Sebagai sebuah bangsa, Indonesia diikat oleh Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Tanpa Pancasila, sambung dia, tak ad‎a Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kemajemukan di Indonesia adalah sebuah potensi besar, tapi juga bisa menjadi kerawanan disentegrasi bila disulut proxy-proxy radikalisme dan lainnya," ucapnya.

Karena itu, menurut dia, muslim sebagai mayoritas penduduk Indonesia memegang peranan penting dalam kesatuan dan persatuan negara-bangsa. ‎

"Islam tak hanya mengandung nilai-nilai robbaniyah, tapi juga insaniyah dan washatiyah. Konsep bernegaranya Islam sejalan dengan bangsa Indonesia, yakni kemaslahatan umum," paparnya.

‎Dituturkan lebih lanjut, Islam mengajarkan keadilan, kesetaraan, dan tanpa adanya diskriminasi. Keadilan, menurutnya, merupakan jalan terdekat menuju takwa. ‎‎

"Karena itu, Nabi (Muhammad SAW) diutus (Allah SWT) untuk menciptakan struktur masyarakat berkeadilan dan tidak diskriminatif," tegas dia.

Halaman
1234
Penulis: yayan isro roziki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved