Breaking News:

37 Puskesmas di Kota Semarang Terapkan Inovasi Layanan 5G

Sebanyak 37 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kota Semarang menerapkan inovasi pelayanan 5G (gesit, ga antre, ga ribet, gratis, dan go cashle

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: m nur huda
Tribun jateng/akbar hari mukti
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam, saat ditemui di CFD Semarang, Minggu (23/6/2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 37 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kota Semarang menerapkan inovasi pelayanan 5G (gesit, ga antre, ga ribet, gratis, dan go cashless).

Inovasi ini sebagai upaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, selama ini Puskesmas dipandang remeh dan sebelah mata.

Sebagian masyarakat masih enggan memeriksakan diri ke puskesmas dengan berbagai alasan.

Melalui layanan 5G ini, pihaknya ingin memperbaiki mindset negatif masyarakat terkait pelayanan di Puskesmas.

"Kami perbaiki dari segi pelayanan maupun sumber daya manusia (SDM). Pelayanan harus cepat dan terintegrasi, termasuk menggandeng pihak ketiga dalam hal ini Gopay untuk membantu pelayanan go cashless di puskesmas sehingga masyarakat tertarik untuk periksa ke puskesmas," jelas Hakam, Minggu (15/9/2019).

Dikatakannya, saat ini 37 puskesmas membuka pelayanan hingga pukul 17.00.

Kebijakan ini diberlakukan guna mengantisipasi masyarakat yang bekerja hingga sore agar tetap dapat periksa di Puskesmas.

Masyarakat juga dapat mendaftar secara online melalui program puskesmas tanpa antrean (Pustaka) hanya dengan mengirimkan pesan melalui SMS atau WA ke nomor masing-masing puskesmas.

"Pelayanan gratis juga sudah kami terapkan sejak lama. 37 puskesmas saat ini juga sudah paperless dan buka hingga 17.00 sejak 1 Juli lalu, sedangkan puskesmas go cashless mulai diterapkan Sabtu kemarin," urainya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved