Airport Corner : Sejumlah Penerbangan Lion Air Group Ditunda Akibat Karhutla

Kebakaran hutan (Karhutla) di sejumlah wilayah di luar Jawa, membuat dunia penerbangan terganggu.

Airport Corner : Sejumlah Penerbangan Lion Air Group Ditunda Akibat Karhutla
TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAF
Pesawat Lion Air di Bandar Udara Kualanamu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kebakaran hutan (Karhutla) di sejumlah wilayah di luar Jawa, membuat dunia penerbangan terganggu.

Tak terkecuali bagi penerbangan maskapai Lion Air, Wings Air, dan Batik Air yang tergabung dalam Lion Air Group mengalami penundaan hingga pembatalan akibat kebakaran hutan dan lahan di berbagai daerah, Minggu (15/9).

Beberapa penerbangan juga harus kembali ke bandara keberangkatan.

Hal tersebut juga terjadi pada penerbangan dari dan menuju Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yaitu Lion Air nomor penerbangan JT-967 Pontianak–Semarang mengalami penundaan

Serta potensi keterlambatan rute Lion Air nomor penerbangan JT-966 Semarang– Pontianak,Wings Air nomor penerbangan IW-1915 Semarang–Karimunjawa,Wings Air nomor penerbangan IW-1916 Karimunjawa–Semarang, danWings Air nomor penerbangan IW-1806 Semarang-Pangkalan Bun.

"Dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air Group mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan, kembali ke bandar udara keberangkatan, pengalihan pendaratan, serta melakukan pembatalan penerbangan di beberapa jaringan domestik yang dilayani," ungkapCorporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, ketika dikonfirmasi, Minggu (15/9).

Ia menjelaskan, keputusan tersebut disebabkan cuaca buruk berupa kabut asap yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek sehingga tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat.

"Lion Air Group menegaskan, bahwa berdasarkan situasi yang terjadi seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP)," katanya.

Danang memastikan, Lion Air Group akan memfasilitasi penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund). Sementara perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru.

"Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan. Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu," ucapnya. (jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved