Dosen Undip Bantu Alat Ice Maker dan Gelar Penyuluhan Sertifikat Halal bagi Peternak Susu Boyolali

Dosen Undip memberikan alat ice maker serta pelatihan pembuatan es krim dan penyuluhan tentang sertifikat halal.

Dosen Undip Bantu Alat Ice Maker dan Gelar Penyuluhan Sertifikat Halal bagi Peternak Susu Boyolali
IST
Dosen Undip menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Dukuh Dampit, Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (8/9/2019). 

Dosen Undip gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat dan berikan alat ice maker serta pelatihan pembuatan es krim dan penyuluhan tentang sertifikat halal di Dukuh Dampit, Desa Singosari, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - Dosen Undip Semarang menggelar Pengabdian Masyarakat dalam upaya meningkatkan nilai jual dan pemasaran susu sapi segar Boyolali.

Para petani dan peternak yang tergabung dalam UKM Karya Bumi dan UKM Tunas Mekar Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menerima peralatan dari dosen Undip, Kamis (8/9/2019).

Dr Susiana Purwantisari MSi, Dr Siti Nur Jannah SSi MSi, dan Ir Dwi Handayani MT serta mahasiswa memberikan bantuan alat ice maker dan pelatihan untuk mengolah susu pasteurisasi menjadi es krim.

Pemberian itu diterima oleh Muhtadi ketua UKM Tunas Mekar dan Bajuri ketua UKM Karya Bumi.

Selain itu terdapat penyuluhan tentang sertifikat halal.

Kedatangan tim dari Undip disambut baik oleh para peternak sapi yang tergabung dalam kedua UKM tersebut.

Para peternak berharap susu sapi segar yang telah diolah menjadi es krim dalam berbagai variasi rasa  dapat memiliki nilai jual lebih tinggi serta pemasaran yang luas.

Sebelum mendapatkan bantuan alat ice maker, susu sapi segar yang diproduksi oleh para peternak sapi setempat sebagian ditampung sementara di dalam tangki besar (cooler).

Suhunya dijaga tetap stabil pada 5 derajat Celcius agar memenuhi standar Industri Pengolahan Susu (IPS).

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved