Wakil Bupati Pekalongan Arini: Kehadiran BI Diharap Mampu Tangkal Berita Hoaks Ekonomi

Maraknya berita tidak benar terkait perkembangan perekonomian di Indonesia, membuat kehadiran Bank Indonesia sangat dibutuhkan masyarakat

Wakil Bupati Pekalongan Arini: Kehadiran BI Diharap Mampu Tangkal Berita Hoaks Ekonomi
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti, saat menghadiri acara Pagelaran Wayang sebagai sarana Sosialisasi Peran dan Fungsi BI di Desa Api-api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin, (16/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Maraknya berita tidak benar terkait perkembangan perekonomian di Indonesia, membuat kehadiran Bank Indonesia sangat dibutuhkan masyarakat untuk memberikan informasi sesuai realita.

Hal tersebut penting dalam menjaga kestabilan ekonomi bangsa.

"Akhir-akhir ini banyak beredar kabar atau berita-beriat hoaks. Demikian juga dengan berita tentang perekonomian yang membuat masyarakat resah.

Dengan adanya sosialisasi Bank Indonesia ini semoga menjadikan masyarakat semakin percaya dengan perbankan," Kata Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti saat menghadiri acara Pagelaran Wayang sebagai sarana Sosialisasi Peran dan Fungsi BI di Desa Api-api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin, (16/9/2019).

Arini mengungkapkan, Bank Indonesia adalah milik rakyat Indonesia, untuk itu pihaknya mengajak kepada masyarakat yang mempunyai uang banyak agar tidak hanya menyimpannya di rumah saja akan tetapi perlu disimpan di bank supaya lebih aman.

"Saat ini kita mengadakan acara wayangan, semoga ini sebagai cerminan kesejahteraan Desa Api-api, dan mari beri kepercayaan kepada Bank Indonesia. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara dalam kegiatan ini," ujarnya.

Menurutnya, pagelaran wayang sudah lama sekali tidak diadakan di sini, dengan adanya pembangunan tanggul ini mudah-mudahnya dapat mengurasi masalah rob, sehingga setiap tahun pagelaran wayang dapat terus diadakan.

Sementara itu, Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Tegal Uke Sumajana mengatakan, bahwa tugas dan fungsi Bank Indonesia telah diatur dalam undang-undang, salah satu tugas diantaranya menjaga stabilitas keuangan.

Tugas Bl lainnya, yaitu terkait kelancaran sistem pembayaran.

"Kelancaran sistem pembayaran akan mendukung stabilitas keuangan," tuturnya.

Selain tugas-tugas tersebut, BI juga bertugas mencetak dan mengedarkan uang.

"Uang lecek yang diterima BI dari bank-bank akan dimusnahkan oleh BI dan akan dicetak uang baru. Uang yang dicetak BI sebanding uang yang dimusnahkan atau dihancurkan dan kerja kami juga diawasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," jelasnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved