Hendi Jalin Kerjasama Bangun Embung untuk Antisipasi Kekeringan Berulang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi resmi menandatangani nota kesepahaman untuk pembangunan embung di kawasan Gunungpati.

Hendi Jalin Kerjasama Bangun Embung untuk Antisipasi Kekeringan Berulang
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Rektor UNNES Prof. DR. Fathur Rokhman usai melakukan penandatanganan MoU tentang Penyelenggaraan Pemerintahan di Kota Semarang melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi resmi menandatangani nota kesepahaman untuk pembangunan embung di kawasan Gunungpati.

Bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang, pembangunan embung akan memanfaatkan lahan kampus milik salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Semarang tersebut.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama itu sendiri dilakukan di sela - sela kegiatan upacara Wisuda Program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma periode III Universitas Negeri Semarang Tahun 2019, Rabu (18/9).

Nantinya embung tersebut ditegaskan akan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Semarang, antara lain untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau, banjir di musim penghujan, dan pembangkit listrik dengan tekhnologi Micro Hydro.

"Rencana pembangunan embung di daerah UNNES ini akan berfungsi mengaliri masyarakat yang kekeringan di musim kemarau, menahan air dari atas supaya tidak terjadi banjir di musim penghujan, serta juga dapat dimanfaatkan untuk penerapan listrik micro hydro," jelas Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut.

Di sisi lain, Hendi selaku Wali Kota Semarang juga menyebutkan bahwa kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan kepada UNNES sebagai universitas konservasi.

"Selain itu adanya kerja sama ini juga sebagai bentuk dukungan kepada UNNES sebagai perguruan tinggi dengan wawasan konservasi yang memiliki reputasi internasional," tuturnya.

"Harapanya tentu saja wujud kerja sama ini akan segera dapat direalisasikan, dan akan lebih banyak hal yang dapat diinisiasi bersama antara Pemkot Semarang dan UNNES," tambah Hendi.

Adapun selain di wilayah Gunungpati, Pemerintah Kota Semarang juga berencana membangun tiga embung di Kecamatan Tembalang sebagai solusi jangka panjang penanganan bencana banjir yang melanda wilayah Meteseh, Sendangmulyo, dan Bulusan.

Dengan adanya tiga embung tersebut, diharapkan dapat meminimalisir banjir yang terjadi khususnya di wilayah Kota Semarang bagian atas.

Halaman
12
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved