Ganjar Yakin PDIP Raih Kemenangan Besar di Pilkada Serentak 2020, Terutama Solo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yakin PDIP meraih kursi kepala daerah terbanyak di Jawa Tengah pada Pilkada serentak 2020 mendatang

Ganjar Yakin PDIP Raih Kemenangan Besar di Pilkada Serentak 2020, Terutama Solo
Tribun Jateng/ Yayan Isro' Roziki
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di sela proses ruwat cukur rambut gimbal di alun-alun Wonosobo, Sabtu (27/7/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang juga kader PDIP yakin partainya meraih kursi kepala daerah terbanyak di Provinsi Jawa Tengah pada Pilkada serentak 2020 mendatang.

Ada 21 kabupaten/kota yang akan mengadakan pesta demokrasi di Jateng.

"Mayoritas mesti menang lah. Minimal, di daerah yang pernah menang, kembali menang," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2019).

Sapu bersih kemenangan diprediksi bakal terjadi di daerah yang memiliki kekuatan partai yang sudah terlihat pada pemilu-pemilu sebelumnya, dari pilgub, pileg dan pilpres kemarin.

Daerah yang dimaksud itu antara lain Kota dan Kabupaten Semarang, Wonogiri, dan Solo.

"Dengan asumsi kekuatan partai pada pemilihan umum sebelumnya, kami sudah melihat. Jika di situ PDIP menang maka kemungkinan akan kembali untuk menang besar," ujarnya.

Kekuatan mesin partai, kata dia, memang bukan satu- satunya indikator untuk meraih kemenangan. Selain itu, bisa dilihat dari kekuatan kandidat yang diusung.

Saat ini proses yang tengah dilakukan PDIP adalah menjaring tokoh-tokoh yang layak untuk dicalonkan.

"30-40 persen kemenangan itu ada di kandidat. Sehingga penguatan kandidat penting. Saya belum mendeteksi satu persatu (kandidat) karena belum muncul," ucapnya.

Ia menambahkan, Solo merupakan daerah yang menarik untuk disimak pada gelaran lima tahun sekali itu.

Pasalnya, selain dianggap sebagai kandang besar banteng, calon juga sudah bermunculan. Seperti putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming.

"Solo ini menarik. Saat ini partai pasti melakukan kalkulasi siapa yang paling layak diajukan dan akan ada potensi menang tinggi. Bukan sekadar menang, tapi mampu membawa misi program kerakyatan dan kepartaian. Siapapun calonnya sangat terbuka dan siapapun bisa masuk," katanya.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved