Program Kartu Tani Jawa Tengah Terbaik Nasional

Meski sempat dihujat, program Kartu Tani Jawa Tengah yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo memberikan hasil positif.

Program Kartu Tani Jawa Tengah Terbaik Nasional
Tribun Jateng/mamdukh adi priyanto
Warga menunjukkan Kartu Tani 

SEMARANG, TRIBUNJATENG.COM – Meski sempat dihujat, program Kartu Tani Jawa Tengah yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo memberikan hasil positif.

Bahkan dalam acara pertemuan perencanaan kebutuhan pupuk berbasis e-RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) di Banjarmasin, Senin (16/9), program Kartu Tani Jateng dinobatkan sebagai terbaik nasional oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah, Suryo Banendro saat dikonfirmasi Rabu (18/9) mengatakan, program Kartu Tani Jateng dinilai paling baik dibanding daerah lain karena sejumlah faktor.

Di antaranya dari sisi implementasi penyaluran, tingkat implementasi penggunaan, hingga upload e-RDKK sebagai database Kartu Tani.

"Seluruh program Kartu Tani nasional dievaluasi, dan Jateng yang terbaik dari segi implementasi, transaksi, hingga penyusunan e-RDKK sebagai basis data program Kartu Tani itu," kata Suryo.

Di tingkat implementasi penyaluran Kartu Tani lanjut Suryo, Jawa Tengah menjadi satu-satunya provinsi yang menyalurkan Kartu Tani ke seluruh petani di Kabupaten/Kota.

Sebanyak 35 Kabupaten/Kota se Jateng menjadi sasaran dari program Kartu Tani itu.

"Hingga saat ini, sudah ada 2,5 juta dari 2,8 juta petani Jateng yang telah mendapatkan Kartu Tani. Artinya, jumlah petani yang belum mendapatkan Kartu Tani hanya tinggal 300.000 an saja.

Sementara di provinsi lain, program Kartu Tani ini belum diterapkan di seluruh wilayah, Jatim dan Jabar saja belum secara keseluruhan,” tambahnya.

Selain itu, tingkat transaksi penggunaan Kartu Tani untuk penebusan pupuk bersubsidi juga sangat besar di Jawa Tengah dan mengalahkan daerah lain.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved