Mau Tes IVA Gratis? Buka Aplikasi Apel Cantik untuk Lihat Jadwal

Tak hanya itu, melalui Apel Cantik masyarakat juga dapat melakukan konseling terkait persoalan IVA mapun KB

Mau Tes IVA Gratis? Buka Aplikasi Apel Cantik untuk Lihat Jadwal
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajarannya meluncurkan aplikasi Apel Cantik untuk pelayanan tes IVA gratis di Balai Kota Semarang, Jumat (20/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Semarang memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Semarang melakukan tes IVA untuk mendeteksi dini kanker serviks.

Melalui aplikasi laporan central tersistem informasi kelurahan (Apel Cantik) yang ada di portal semarangkota.go.id, masyarakat dapat langsung mengetahui jadwal tes IVA yang diselenggarakan Disdalduk KB Kota Semarang.

Kepala Disdalduk KB Kota Semarang, Gurun Risyadmoko mengatakan, setiap hari jadwal pelayanan tes IVA secara gratis tercantum dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi itu juga dapat diakses 1x24 jam nonstop.

Tak hanya itu, melalui Apel Cantik masyarakat juga dapat melakukan konseling terkait persoalan IVA mapun KB.

"Ini menindaklanjuti arahan Wali Kota untuk masing-masing OPD dapat membuat inovasi agar bisa diakses masyarakat cepat dan tepat.

Disdalduk membuat Apel Cantik agar memudahkan masyarakat mengecek kanker serviks sedini mungkin," tutur Gurun usai peluncuran Apel Cantik di Balai Kota Semarang, Jumat (20/9/2019).

Dalam meluncurkan aplikasi ini, pihaknya bekerjasama dengan PKK Kota Semarang.

Selepas ini kader-kader PKK bisa mengajak wanita di lingkungan masing-masing untuk melakukan tes IVA mengingat kanker serviks bisa menyerang siapa saja.

Pelayanan tes IVA, lanjut Gurun, tidak hanya bisa dilakukan di Puskesmas saja. Dia menyediakan mobil keliling untuk melayani tes IVA.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved