Merasa Sudah Mampu, 1.931 Keluarga Penerima PKH di Batang Mundur

Menurutnya, para penerima PKH yang mundur lantaran sudah merasa mampu dan sudah tidak sesuai dengan komponen sebagai KPM PKH

Merasa Sudah Mampu, 1.931 Keluarga Penerima PKH di Batang Mundur
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Kepala Dinsos Batang, Joko Tetuko 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Batang pada tahun 2019 kian menyusut.

Kepala Dinsos Batang, Joko Tetuko mengungkapkan di awal tahun 2019 ada sekitar 32.751 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang ada di Batang.

Kemudian di tahap dua menyusut menjadi 32.660, di tahap tiga menjadi 31.959 KPM dan di tahap empat ini menjadi 30.820 KPM.

"Hingga tahap ke IV di September ini, ada sekitar 1.139 keluarga di Batang mengundurkan diri, sehingga di tahun 2019 ini setidaknya total sudah ada 1.931 KPM yang mundur dari PKH," terangnya saat ditemui di Kantornya, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, para penerima PKH yang mundur lantaran sudah merasa mampu dan sudah tidak sesuai dengan komponen sebagai KPM PKH.

"Mundur dari PKH karena sudah tidak memenuhi komponen sebagai KPM selain itu juga kebanyakan mereka sudah merasa mampu sebab sebelumnya sudah ditolong dari kucuran dana PKH yang dimanfaatkan untuk modal usaha," jelasnya.

Joko mengatakan pihaknya selalu mendampingi dan memberikan motivasi kepada para penerima untuk bisa memanfaatkan bantuan semaksimal mungkin.

Sehingga jika dirasa sudah bisa mandiri dan mampu mereka akan mengundurkan diri dengan sendirinya.

"Tidak perlu menunggu wisuda setahun sekali, tapi kalau memang sudah mampu bisa mundur kapan saja, dari kami dan pendamping sebisa mungkin memotivasi mereka untuk bisa lebih mandiri dan memanfaatkan bantuan mereka semaksimal mungkin," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved