Pemkab Batang Akan Ambil Alih Jalan Nasional Ini agar Lebih Leluasa Menata Kota

Hal itu dilakukan agar Pemkab lebih leluasa untuk membenahi dan menata wilayah Batang kota

Pemkab Batang Akan Ambil Alih Jalan Nasional Ini agar Lebih Leluasa Menata Kota
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Bupati Batang Wihaji dan Wabup Suyono beserta Dinas terkait meninjau pertokoan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (21/9/2018). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang akan mengambil alih Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan nasional yakni sepanjang 1,8 Kilometer.

Hal itu dilakukan agar Pemkab lebih leluasa untuk membenahi dan menata wilayah Batang kota.

Pasalnya pusat kota yang dilalui jalan nasional pantura terbentur dengan kepemilikan jalan.

"Karena Jalan Jenderal Sudirman statusnya merupakan jalan nasional, maka Pemkab akan meminta 1,8 kilometer jalan tersebut menjadi jalan Kabupaten agar Pemkab lebih leluasa menata jalan," terang Bupati Batang Wihaji usai susur tinjau wilayah kota, Sabtu (21/9/2018).

Dikatakannya, Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah melayangkan surat ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan telah disetujui sehingga hanya menunggu persetujuan dari Kementrian.

"Kalau pemerintah pusat menyetujui permintaan pengelolaan jalan dialihkan Pemkab, tahun depan siap kita bangun median jalan, trotoar, serta mempercantik taman agar sepanjang jalan menuju kota terlihat rindang," jelasnya.

Tak hanya itu, Bupati Wihaji juga akan menata pertokoan di sepanjang jalan tersebut yang terkesan kumuh menjadi bersih dan rapi.

Menurutnya, problem kumuh pertokoan Jalan Sudirman karena pemilik toko rata-rata sudah tidak ada di tempat sehingga tidak terawat.

"Saya sudah minta Dinas Perkim untuk memberikan surt edaran pada pemilik untuk direnovasi, kalau tidak Pemkab siap untuk mengecat agar terlihat lebih indah," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved