World Up Clean Day, Bupati Sragen Ajak Warga Lakukan Gerakan Pungut Sampah Serentak

Bertempat di halaman Sekda Kabupaten Sragen, Bupati memimpin apel dalam rangka World Up Clean Day dengan aksi gerakan pungut sampah serentak.

World Up Clean Day, Bupati Sragen Ajak Warga Lakukan Gerakan Pungut Sampah Serentak
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan aksi pungut sampah di Pasar Bunder Sragen, Sabtu (21/9/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Bertempat di halaman Sekda Kabupaten Sragen, Bupati memimpin apel dalam rangka World Up Clean Day dengan aksi gerakan pungut sampah serentak.

Pasca upacara, Bupati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Sragen bersepeda mengunjungi Pasar Bunder Sragen dan beberapa titik untuk memungut sampah.

Pelaksana kegiatan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sragen Zubaidi mengatakan, latar belakang kegiatan ialah masalah persampahan yang terus mengalami peningkatan.

"Ini semua tidak lepas dari pertambahan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan pola konsumsi masyarakat," kata Zubaidi, Sabtu (21/9/2019).

Menurutnya, pertumbuhan pesat di sektor industri juga merupakan imbas dari meningkatnya pendapatan rumah tangga dan makin beragamnya pola serta jenis konsumsi masyarakat.

Peringati HUT ke 64 Polantas, Satlantas Polres Tegal Kota Lakukan Donor Darah

Polisi di Purworejo Ajak Warga Pungut Sampat di Kutoarjo, Dari Alun-alun hingga Terminal

Kondisi tersebut menyebabkan bertambahnya volume, beragam jenis dan karakteristik sampah dan limbah termasuk sampah plastik.

"Bencana akibat melubernya sampah bisa ditekan jika ada kesadaran masyarakat untuk berperilaku peduli terhadap lingkungan.

Salah satunya ialah memilah sampah yang organik maupun anorganik," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada Tribunjateng.com mengatakan sampah yang paling dominan ialah sampah konsumsi seperti air mineral, bungkus makanan-makanan ringan bungkus permen tisu bekas.

"Dan juga menjadi perhatian bersama adalah tempat pembuangan akhir.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved