8.154 Keluarga Miskin di Brebes Dicoret dari Daftar Penerima Program Keluarga Harapan

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes telah melakukan verifikasi daftar calon penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

8.154 Keluarga Miskin di Brebes Dicoret dari Daftar Penerima Program Keluarga Harapan
ilustrasi kemiskinan

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes telah melakukan verifikasi daftar calon penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Hasilnya, ribuan keluarga kurang mampu atau miskin yang menjadi calon penerima PKH dicoret karena tidak memenuhi syarat.

Kepala Dinsos Kabupaten Brebes, Khambali mengatakan, dari total 20.355 keluarga kurang mampu calon penerima bantuan PKH yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos), ditemukan 8.154 keluarga yang tidak memenuhi syarat penerima PKH.

"Kami melakukan verifikasi dan validasi melalui tim Pendamping Sosial PKH di desa desa. Hasilnya, 12.201 keluarga dinyatakan Eligible atau memenuhi syarat sebagai calon penerima PKH," kata Khambali, Minggu (22/9/2019).

Sisanya, katanya, 8.154 keluarga kurang mampu dinyatakan Non Eligible atau tidak memenuhi syarat. Ribuan keluarga tersebut kemudian dicoret dari daftar calon penerima PKH mendatang.

"Setelah verifikasi dan validasi, hasilnya kami kirimkan kembali ke Kemensos. Jadi nantinya penerima PKH di Brebes hanya 12.201 keluarga," jelasnya.

Ia menjelaskan, 8.154 keluarga yang dicoret dari daftar penerima disebabkan berbagai hal.

Di antaranya, keluarga tersebut sudah pindah alamat, dinyatakan sebagai keluarga yang mampu secara ekonomi atau bukan keluarga miskin lagi dan terjadi rangkap data.

"Selain itu, bisa juga disebabkan karena sudah menjadi penerima PKH atau tidak memiliki unsur syarat komponen dari kategori penerima PKH," ujarnya.

Dikatakannya, verifikasi dan validasi data calon penerima PKH tersebut dilakukan agar bantuan yang disalurkan bisa tepat sasaran. Dalam verifikasi, petugas pendamping sosial mengacu pada prinsip 4 T. Yaitu tepat sasaran, tepat data, tepat waktu dan tepat jumlah.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved