Bupati Batang Wihaji Kembali Wacanakan Pelarangan Truk Lewat Jalan Kota

Agar lebih leluasa dalam penataaan dan pembenahan wilayah Batang kota, Bupati Batang Wihaji akan meminta jalan nasional sepanjang 1,8 kilometer

Bupati Batang Wihaji Kembali Wacanakan Pelarangan Truk Lewat Jalan Kota
Tribun Jateng/Dina Indriani
Bupati Batang Wihaji bersama dinas terkait saat susur sepanjang jalan kota, Sabtu (21/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Agar lebih leluasa dalam penataaan dan pembenahan wilayah Batang kota, Bupati Batang Wihaji akan meminta jalan nasional sepanjang 1,8 kilometer Jalan Jenderal Sudirman menjadi jalan kabupaten.

Selain pengambilalihan jalan nasional, Wihaji juga berencana merumuskan kebijakan mewajibkan kendaraan berat seperti truk, tronton dilarang lewat jalan kota.

"Wacana ini bertujuan untuk menertibkan lalu lintas di wilayah kota, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Selain itu, rencana tersebut juga untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas," tuturnya Sabtu ( 21/9/2019).

Ia juga mengatakan, kebijkan tersebut bukan tanpa alasan, namun lebih pada keberpihakan pemerintah membela anak sekolah dan pekerja di Batang.

Agar lebih nyaman dalam berkendara, karena jalan pantura Batang ramai dan lalu lalang kendaraan semakin hari semakin padat.

"Kendaraan besar seperti truk besar dan tronton kerap menjadi biang macet lalu lintas di jalan Batang kota terutama Jalan Sudirman.

Selain itu emisi kendaraan besar mengotori cat median jalan dan taman pembatas jalan sehingga terkesan kumuh dan sering terjadii kecelakaan lalu lintas," imbuhnya.

Wihaji juga menjelaskan, kendaraan berat akan dialihkan masuk jalan tol melalui exit Batang- Pekalongan dan bisa keluar melalui exit tol Kandeman Batang.

"Pengalihan kendaraan berat sudah kita layangkan suratnya melalui Dinas Perhubungan ke Pemerintah Pusat, karena merupakan jalan nasional yang harus dikonsultasikan," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved