Fokus : Magnet Kota Lama

PEMKOT Semarang tancap gas untuk meraih predikat sebagai kota destinasi wisata. Kemarin, keramaian Indische Parade, sebuah karnaval kebudayaan

Fokus : Magnet Kota Lama
tribunjateng/bram
Moh Anhar wartawan Tribun Jateng ok 

Oleh Moh Anhar

Wartawan Tribun Jateng

PEMKOT Semarang tancap gas untuk meraih predikat sebagai kota destinasi wisata. Kemarin, keramaian Indische Parade, sebuah karnaval kebudayaan yang menjadi penutup gelaran Festival Kota Lama. Festival ini telah berlangsung 12-22 September.

Kawasan peninggalan era kolonial abad 18-19 dengan ratusan bangunan bergaya Eropa ini telah menjadi magnet wisatawan. Jalanan penuh sesak pejalan kaki di sepanjang koridor Jl Letjen Soeprapto, ruas jalan utama di Kota Lama.

Dibandingkan kondisi empat-lima tahun silam, kondisi ini jauh berubah. Terutama setelah wajah Kota Lama dilakukan revitalisasi. Proyek pembenahan infrastruktur yang memakan waktu berbulan-bulan sudah menampakkan hasilnya.

Dulu, Kota Lama identik dengan bangunan tua kosong, gelap saat malam, banjir tergenang rob, hingga lorong-lorong sepi yang menjadi tempat mangkal waria.

Festival Kota Lama ini sudah diadakan sejak 2012. Adanya keramaian melalui serangkaian program, seperti pesta kuliner, jalan-jalan keliling kawasan, nonton film, pameran buku, pameran kerajinan, talkshow buku, hingga lomba menari, membuat gedung-gedung berusia ratusan tahun itu hidup kembali.

Menarik sekali. Karena kegiatan ini tidak berlangsung di satu titik, melainkan menyebar di sejumlah tempat.
Sebagai informasi, dulunya, Kota Lama adalah pusat kota Semarang sebagai kawasan perekonomian dan pemerintahan Hindia Belanda. Perusahaan-perusahaan perdagangan multinasional masa itu berkantor di situ.

Dua tahun terakhir, revitalisasi kawasan digencarkan. Pemilik bangunan tua itu merestorasi atau merehabilitasi.

Memang banyak gedung yang beralih fungsi, menyesuaikan kebutuhan era sekarang. Banyak yang menjelma sebagai kafe, toko, studio foto, dan perkantoran.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved