Heri Awali Usaha Tas Kreatif Bermodal Rp 0

Heri Nugroho mungkin termasuk satu dari sekian orang yang mengawali usaha tanpa mengeluarkan modal serupiah pun

Heri Awali Usaha Tas Kreatif Bermodal Rp 0
daniel ari purnomo
TUNJUKKAN PRODUK - Heri Nugroho menunjukkan satu produk tas ikonik buatannya, di stan UMKM kerajinan tangan, saat gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019, di Kabupaten Wonogiri, belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI -- Heri Nugroho mungkin termasuk satu dari sekian orang yang mengawali usaha tanpa mengeluarkan modal serupiah pun. Hal itu karena ia merintis usaha tas dari limbah kain milik ibunya.

"Ibu saya seorang penjahit. Limbah kainnya menggunung tiap pekan, dan harus segera dibakar atau dibuang, agar tak berserakan. Dari situ ide saya membuat tas kali pertama muncul. Kenapa tidak dimanfaatkan?" katanya, ditemui saat gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019, di Kabupaten Wonogiri, belum lama ini.

Heri memilah potongan kain sisa sesuai jenisnya. Selanjutnya, ia mengombinasikan potongan kain, semisal kain jin dan batik, dijahit ulang menjadi tas totebag bermotif apik.

Warga Desa Wonoharjo, Wonogiri itupun dengan telaten mengombinasikan kain apa saja, tergantung kain sisa pesanan yang dijahit ibunya. Satu per satu tas yang sudah jadi pun ternyata laku dijual.

"Saya tidak ada modal sepeserpun. Cuma potongan kain sisa jahitan yang saya ambil dari ibu, itupun gratis.

Lama-lama terkumpul uang, dan saya meningkatkan kualitas tas yang saya buat," bebernya.

Heri pun kembali memutar otak untuk mengembangkan usaha tasnya. Ia menghimpun sejumlah referensi dari situs internet, koran, televisi, maupun obrolan teman.

Pertanyaannya saat itu, konsep apa yang tepat untuk berjualan tas?

Waktu pun berlalu. Heri mendapat referensi yang dibutuhkannya. Dia pun memantapkan diri untuk membuat tas bergambar kearifan lokal khusus Kabupaten Wonogiri.

"Saya mendata landmark, lokasi wisata, kesenian yang berasal dari Wonogiri. Selanjutnya saya desain logonya agar tampak lebih menarik calon pembeli. Yang pasti logonya milenial," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved