Breaking News:

Kurangi Sampah Plastik, Bupati Sragen Minta ASN tidak Gunakan Air Mineral Kemasan saat Rapat

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati minta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sragen kurangi plastik air mineral

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: muslimah
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Sragen bersama jajaran Forkopimda Sragen punguti sampah di Jalan Diponegoro, Materi Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati minta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sragen kurangi plastik air mineral.

Menurut Yuni, para ASN dimanapun tempatnya pasti menjadi tokoh panutan dan tokoh masyarakat di setiap desa.

"Dimanapun kalau ASN bisa menginisiasi di tempat tinggalnya masing-masing pasti masyarakat mengikuti," kata Yuni.

Dirinya juga menambahkan tugas ASN Kabupaten Sragen yang pertama dalam mengurangi sampah plastik ialah menginisiasi membuat bank sampah di lingkungannya.

"Dimulailah dari temen-temen di eselon dua di lingkungannya sendiri harus ada bank sampah, juga harus sudah mulai memilah-milah sampah," lanjut Yuni.

ASN juga diharapkan turut membersihkan lingkungan dari sampah-sampah plastik dimana sampah plastik susah sekali untuk di reuse dan recycle.

Air kemasan yang digunakan pada saat rapat sehari-hari, juga menjadi perhatiannya. "Setiap hari kita gunakan air kemasan, ini secara bertahap harus dikurangi misal dengan membawa tumbler masing-masing dari rumah," terang Yuni.

Yuni menyampaikan ASN harus mulai berkomitmen, juga bagian RT dari masing-masing dinas harus komitmen pada saat rapat tidak lagi menggunakan air mineral dalam bentuk kemasan.

Tidak hanya dari ASN, Yuni juga mengharapkan para siswa-siswi tidak hanya memilah-milah sampah di sekolah tetap juga dirumahnya masing-masing.

"Saya juga mengharapkan di Dinas Pendidikan, anak-anak tidak hanya bisa memilah sampah di sekolah, tapi juga berlanjut dirumahnya masing-masing," lanjut dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved