Dengan Alat Sederhana, Jatmiko Latih Siswa Olah Limbah Plastik jadi Bahan Bakar Alternatif

Laki-laki paruh baya itu sudah mengembangkan pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif sejak dua tahun lalu

Dengan Alat Sederhana, Jatmiko Latih Siswa Olah Limbah Plastik jadi Bahan Bakar Alternatif
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Jatmiko bersama siswa saat proses penyulingan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif di Gubuk Kreatif SMPN 1 Wonotunggal, Batang, Selasa (24/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Seorang guru SMPN 1 Wonotunggal, Batang, Jawa Tengah Bambang Jatmiko terus menggugah siswanya untuk peduli lingkungan dengan mengajak para siswa mengumpulkan sampah plastik.

Sampah plastik yang dibawa siswa dikumpulkan di Gubuk Kreatif yang berada di belakang sekolah.

Setelah terkumpul, sampah plastik kemudian disortir sesuai dengan kondisi kemudian dibersihkan.

Dengan telaten guru yang sudah mengabdi sejak tahun 1984 itu menularkan semangatnya agar para siswa lebih kreatif dan berinovasi dengan memanfaatkan dan mengolah limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif.

Laki-laki paruh baya itu sudah mengembangkan pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif sejak dua tahun lalu.

Alat yang digunakan untuk mengurai sampah plastik dibuatnya dengan cukup sederhana.

Hanya bermodal drum bekas sebagai tabung yang disambungkan dengan pipa besi yang akan mengubah uap plastik menjadi bahan bakar minyak.

Miko sapaan akrabnya mengatakan inovasi yang ia kembangkan terinspirasi dari beberapa literasi yang ia baca mengenai polusi limbah plastik, dan pengolahan limbah plastik menjadi energi alternatif.

"Yang pertama rasa prihatin darurat sampah plastik di Indonesia, bagaimana caranya mengolah plastik tetap bermanfaat dan tidak terbuang tapi terurai," terangnya saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Selasa (24/9/2019).

Dia menjelaskan proses penyulingan memerlukan waktu kurang lebih 4 jam sampai 5 jam.

Halaman
123
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved