Breaking News:

TPA Pagergunung Kendal Ditutup, Tumpukan Sampah Bakal Ditimbun Tanah

Penutupan itu dilakukan setelah Bupati Kendal Mirna Annisa bermediasi dengan warga Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung di balai desa setempat.

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: deni setiawan
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Bupati Kendal Mirna Annisa bermediasi dengan masyarakat Desa Pagergunung terhadap keluhan TPA Pagergunung Kabupaten Kendal, Selasa (24/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemkab Kendal tutup TPA Pagergunung.

Itu dilakukan setelah warga sekitar mengeluhkan kepulan asap sampah yang terbakar dan bau busuk menyengat dari tumpukan sampah di TPA itu.

Penutupan itu dilakukan setelah Bupati Kendal Mirna Annisa bermediasi dengan warga Desa Pagergunung, Kecamatan Pageruyung di balai desa setempat, Selasa (24/9/2019).

Tumpukan sampah di TPA itu akhirnya ditimbun dengan tanah sehingga memungkinkan tidak terjadi kebakaran sampah dan bau menyengat.

Koordinator warga desa setempat, Sigit mengatakan, warga desa merasakan dampak pengelolahan sampah di TPA itu sejak bertahun-tahun lalu.

Menurutnya, pada musim kemarau seperti saat ini tumpukan sampah di TPA itu selalu terbakar hingga asapnya menutup pemukiman hingga sekolah.

"Saat musim penghujan warga juga merasakan bau busuk yang menyengat. Hal itu dialami oleh warga bertahun-tahun lamanya," katanya.

Pihaknya pun terus mengawasi terus proses penimbunan tanah terhadap tumpukan sampah itu di TPA itu hingga seluruhnya tertutup.

Sehingga penutupan itu benar-benar terealisasi.

"Ini merupakan langkah konkret Bupati. Semoga memuaskan semua pihak," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, sampah akan dialihkan di lokasi TPA lama dan TPA lainnya.

Phaknya pun akan menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan koordinasi dengan pihak lain untuk menyiapkan solusi cepat permasalahan sampah.

"Kami harap warga juga bisa membentuk Bumdes pengelolahan sampah agar masyarakat mendapatkan nilai ekonomi dari sampah ," katanya. (Dhian Adi Putranto)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved