Pengembangan Industri Ukir Kuningan dan Tembaga Melalui Revitalisasi dan Modifikasi Mesin Produksi

Dosen Fakultas Teknik, Sekolah Vokasi dan FISIP Universitas Diponegoro serta dibantu mahasiswa KKN diharapkan dapat mengaplikasikan hasil riset.

Pengembangan Industri Ukir Kuningan dan Tembaga Melalui Revitalisasi dan Modifikasi Mesin Produksi
IST
DOSEN Universitas Diponegoro dan Mahasiswa KKN Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tumang Cepogo Boyolali. 

HI-LINK Pengembangan Industri Ukir Kuningan dan Tembaga Melalui Revitalisasi dan Modifikasi Mesin Produksi Berbasis Software, Mesinisasi dan Manajemen Ekspor

DOSEN Universitas Diponegoro dan Mahasiswa KKN Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tumang Cepogo Boyolali

Para Dosen Fakultas Teknik, Sekolah Vokasi dan FISIP Universitas Diponegoro serta dibantu mahasiswa KKN diharapkan dapat mengaplikasikan hasil riset.

Salah satu transformasi hasil penelitian diaplikasikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Pada tanggal 24 -25 Agustus 2019 empat dosen undip melaksanakan salah satu tahapan kegiatan pengabdian lanjutan di Dk. Banaran, Desa Tumang, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali.

Di desa Tumang tersebut, yang terlibat dalam kegiatan pengabdian adalah Yusuf Umardani, Adi Nugroho, Sunarso Sugeng dan Seno Darmanto yang merupakan pelaksanaan program skim Hi_Link untuk mendukung program penguatan produk unggulan daerah Ukir Tembaga dan Kuningan sekaligus menciptkan unit-unit kegiatan yakni koperasi, sekolah/pelatihan dan akses ke instansi terkait (pemda, kampus dan rekanan).

Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa teknologi tepat guna.

DOSEN Universitas Diponegoro dan Mahasiswa KKN Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tumang Cepogo Boyolali
DOSEN Universitas Diponegoro dan Mahasiswa KKN Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tumang Cepogo Boyolali (IST)

Menurut Umardani kegiatan program skim Hi_Link untuk mendukung program penguatan produk unggulan daerah Ukir Tembaga dan Kuningan tersebut merupakan bentuk hilirisasi hasil riset dosen UNDIP sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat yang merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dikatakan, dalam kegiatan ini DRPM Dikti melalui tim pengabdian LPPM Undip memberikan hibah beberapa alat untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produk produk Ukir Tembaga dan Kuningan berupa alat pleting model oven, kolam pasir, alat tangan bermesin, las, pelapisan, tungku, katrol otomatis, mesin bor dan pembangkit listrik serta pedoman operasionalnya agar proses produksi lebih efisien dan efektif.

Kegiatan juga sudah membina karang taruna untuk berkreasi melalui rencana kegiatan desa wisata edukasi di Banaran, Tumang, Cepogo Boyolali Mitra UKM Desa Tumang Cepogo dipilih untuk kegiatan ini dengan pertimbangan ada beberapa UKM berbasis pengerjaan logam tembaga dan sejenisnya dengan kekhasan ukir meliputi Bintang Pamungkas, Mbed Doer Another Craft, Ratih Craft dan Lamuzz Copper yang mengerjakan produk ukir tembaga dan kuningan pada bahan berbasis logam terutama plat dan pipa/poros.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved