Breaking News:

Penurunan Volume Penjualan Mobil Pengaruhi Permintaan Kaca Film

Hampir semua produsen kendaraan roda empat mengalami penurunan volume penjualan di tahun 2019.

TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAF
Reza Pramudita menunjukan produk kaca film di tokonya. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hampir semua produsen kendaraan roda empat mengalami penurunan volume penjualan di tahun 2019.

Kondisi itu memiliki dampak berantai bagi berbagai usaha yang berhubungan secara tidak langsung dengan jual beli mobil.

Ada yang merasakan penurunan permintaan namun juga ada yang justru mengalami pertumbuhan revenue yang cukup pesat.

Salah satu yang mengalami penurunan demand adalah industri kaca film mobil. Reza Pramudita pemilik dari Reza Kaca Film mengakui hal tersebut.

"Sejujurnya memang penurunan penjualan mobil sangat berpengaruh, ada dampaknya terutama di bulan - bulan lalu. Kalau sekarang sudah mulai bangkit," terang Reza.

Ia menjelaskan kebanyakan para konsumen kaca film adalah mereka yang membeli mobil baru. Hal itu karena mobil pabrilan biasanya hanya dipasangi kaca film standar.

"Memang banyak juga konsumen yang memasang film untuk mobil lama. Tapi mayoritas memang mobil baru, biasanya masang di kaca depan lalu menggelapkan samping kanan dan kiri," bebernya.

Untuk mendongkrak permintaan ditengah lesunya pasar ia kemudian mencoba membuka cabang baru di Jalan Soekarno Hatta Nomor 98 Semarang. Bengkel baru itu menjadi yang ketiga setelah sebelumnya berdiri juga di Jalan Pusponjolo Timur VII, Nomor 2A. Dan satu lagi di jalan Noroyono E 14 B.

Ia menjelaskan upaya membuka cabang baru ini adalah langkah untuk mendekatkan ke pasar. Diakuinya jumlah konsumen tumbuh cukup signifikan dari wilayah Semarang bagian Timur dan Kabupaten Demak.

"Soft launchingnya akan kami gelar hari Sabtu tanggal 28 September mendatang. Untuk semakin mendongkrak permintaan pada hari itu juga kami mengadakan promo diskon 50 persen pemasangan kaca film untuk 200 konsumen pertama," tegasnya.

Selain itu, ia kini juga tengah bersiap menghadapi peningkatan permintaan kaca film jenis night vision. Menurutnya, menjelang musim hujan datang produk itu banyak di buru.

"Peningkatan biasanya memang terjadi pada pergantian musim. Saat menjelang musim panas kaca film yang melindungi dari sinar mata hari yang lebih banyak dicari," pungkasnya.(*)

Penulis: rival al manaf
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved